sandalian.com


Pencarian Smartphone Idaman

02 October 2018 22:06:28 WIB, under category Tech

Dengan begitu banyaknya variasi fitur dan harga smartphone yang saat ini beredar di pasaran, saya perlu menyiapkan sejumlah kriteria untuk mendapatkan smartphone idaman yang terbaik dari sekian pilihan. Yang utama, tentu saja pilihan merk yang terpercaya.

Salah satu brand smartphone yang layak diperhitungkan saat ini  adalah Huawei, yang lebih dulu dikenal sebagai produsen perlengkapan telekomunikasi terbesar di dunia dan saat ini menjadi produsen smartphone terbesar kedua di dunia.

Pada akhir bulan Juli 2018 kemarin, Huawei merilis smartphone Huawei Nova 3i dengan prosesor Kirin 710, RAM 4GB,  dan antarmuka EMUI 8.2 yang berjalan di atas sistem operasi Android Oreo. Setelah saya baca-baca, fitur-fitur unggulan smartphone ini ndilalah cocok dengan kriteria pencarian smartphone yang saya idamkan:

 

Enak Dilihat, Enak Dipegang

Sebagai barang bawaan harian, smartphone seyogyanya enak dilihat dan juga enak dipegang. Dengan tampilan yang menarik, Huawei Nova 3i ini bisa menjadi semacam jimat ganteng/cantik yang membuat pemiliknya jadi pede bepergian ke mana saja.

Dengan dimensi yang cukup ramping (panjang 15,7 cm, lebar 7,5 cm, dan tebal 0,7 cm) serta bobot hanya 169 gram termasuk baterai, tak ayal membuat Huawei Nova 3i ini nyaman untuk digenggam atau dimasukkan ke dalam kantong.

Pilihan warnanya pun beragam dan semuanya menarik perhatian, hitam dan iris purple. Aksen berupa gradasi warna pada body smartphone membuatnya tambah menawan.

Kamera yang Rupawan

Karena pernah mencicip pekerjaan sebagai fotografer, saya selalu memasukkan syarat kamera yang bagus dalam kriteria smartphone idaman.

Huawei Nova 3i ini dilengkapi dengan empat buah kamera sekaligus. Dua kamera di bagian depan (24 MP + 2 MP, F/2.0, fixed focal) dan dua kamera di bagian belakang (16 MP + 2 MP, F/2.2, autofocus).

Kamera-kamera tersebut dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk mendapatkan hasil foto yang mengesankan dengan kejernihan yang tinggi dan efek bokeh yang indah dipandang.

Dilengkapi dengan sensor AI scenery recognition yang kuat, kamera akan membaca kondisi pencahayaan sehingga foto yang dihasilkan akan tetap tampil alami tanpa terlihat menggunakan efek yang berlebihan.

Tak kalah menarik, smartphone ini dilengkapi fitur bernama “6X Super Slow Motion” yang memungkinkan kita merekam video gerakan lambat hingga 480 frame per detik, menakjubkan.

 

Ruang Simpan Lega

Dengan adanya fitur kamera yang canggih, pemilik Huawei Nova 3i hampir pasti akan sering mengambil foto baik itu foto-foto pemandangan maupun foto selfie sambil mengisi waktu luang.

Untuk mengakomodasi kebutuhan media penyimpanan tersebut, Huawei Nova 3i dilengkapi storage dengan kapasitas paling besar di kelasnya, yaitu 128GB. Dengan kapasitas sebesar ini, kita tak perlu lagi repot menghapus/memindah foto atau video lama. Jika masih kurang, kita bisa menambahkan micro SD card sendiri dengan kapasitas hingga 256GB.

Untuk mengatasi kerepotan saat melakukan pencarian gambar yang tersimpan, Huawei Nova 3i memiliki fitur pengenalan gambar yang akan mengelompokkan foto berdasar citra yang tampil, misal gambar pemandangan, selfie, gedung, dan lain-lain. Pencarian juga bisa dilakukan berdasar tanggal pengambilan gambar.

Main Game Nyaman

Meski bukan pemain game serius, saya sesekali masih menikmati memainkan game di smartphone. Agar bisa bermain game dengan nyaman, tentunya saya membutuhkan smartphone dengan spek hardware yang memadai.

Huawei Nova 3i ini benar-benar memanfaatkan performa chipset Kirin 710 untuk menghasilkan pengalaman bermain game yang smooth dan interaktif. Game populer seperti PUBG Mobile atau Asphalt 9 Legends bisa dimainkan dengan lancar di Huawei Nova 3i berkat adanya GPU Turbo yang akan meningkatkan kemampuan pemrosesan grafis secara dramatis.

Untuk menambah kenyamanan dalam bermain game, smartphone ini memiliki fitur uninterrupted gaming. Smartphone bisa mengetahui bahwa kita sedang bermain game lalu akan menyembunyikan semua notifikasi sehingga kita tidak akan terganggu dengan munculnya notifikasi-notifikasi dari aplikasi lain di layar.

 

Fitur Pintar Lainnya

Selain keempat fitur di atas, Huawei Nova 3i juga dijejali dengan fitur-fitur pintar lainnya yang akan memperkaya pengalaman kita dalam menggunakan smartphone.

Misalnya saat menerima panggilan, Huawei Nova 3i akan mengeliminasi suara-suara di latar belakang sehingga perbincangan akan terdengar jelas tanpa adanya gangguan suara berisik (noise) dari lingkungan sekitar.

Selain dilengkapi dual simcard untuk kelancaran komunikasi data maupun suara, Huawei Nova 3i memiliki fitur elevator mode untuk menjamin konektivitas data via jaringan 4G saat kita berada di dalam elevator/lift, bahkan saat berada di dalam terowongan berkat fitur Huawei Geo.

Tak perlu takut kehabisan daya saat di jalan, Huawei Nova 3i ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3340 mAh yang cukup untuk pemakaian normal seharian.

 

Pingin Punya?

Kebetulan saat ini Oom Yahya yang sudah populer sebagai penulis buku komputer dan penulis review gadget di blognya itu sedang mengadakan event bernama  Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei.

Tulisan ini juga saya ikutkan di event tersebut dengan harapan bisa mendapatkan smartphone Huawei Nova 3i yang menjadi idaman banyak orang.

Ayo ikutan!

 

 


4 Comments so far..

  1. Khoirur Rohmah
    03 October 2018, 00:06:08 WIB

    mupeng sama Huawei Nova 3i nyaa
    Speknya bagus banget, idaman sekaliiii
    Good Luck buat masnya ya ^_^

  2. zam
    03 October 2018, 00:22:44 WIB

    wah waah.. pada pengen punya juga ini..

  3. Firmansyah
    07 October 2018, 11:53:54 WIB

    Si Cantik Nova ini emang bikin kepengen bgt sih ya. Saking penasaran, saya aja sampe niat Hands On langsung ke Erafone wkwk, bodi metal and kaca nya bikin penampilan makin ciamik…

  4. snydez
    25 October 2018, 11:19:03 WIB

    semoga beruntung!

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>