Mencoba Asus ZenPower Slim 6000, Powerbank Ramping Berkapasitas Besar

May 3, 2018 | Daily, Reviews, Technologies | , , , , , , ,

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat kesempatan dari Mas Yahya untuk mencoba sebuah powerbank imut berwarna merah marun keluaran ASUS, yaitu ZenPower Slim 6000.

asus zenpower slim 6000

Sesuai dengan namanya, meskipun ukurannya ramping namun kapasitas powerbank satu ini cukup besar yaitu 6000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, powerbank ini bisa men-charge smartphone hingga 2-3 cycle, tergantung kapasitas baterai smartphone kita.

Sekilas Tentang ZenPower Slim 6000

Tampilan ZenPower Slim 6000 ini cukup minimalis sesuai dengan fungsinya. Dengan balutan anodized aluminum warna merah marun yang elegan dan bobot yang ringan, 170 gram, powerbank ini nyaman untuk dibawa kemana-mana.

asus zenpower slim 6000 powerbank

Ukuran yang ramping tersebut berkat pemakaian baterai lithium-polymer, bukan lithium-ion seperti yang digunakan pada powerbank lain pada umumnya.

Di bagian depan terdapat tombol power, empat LED indikator kapasitas powerbank, colokan micro USB untuk mengisi daya powerbank, dan colokan USB sebagai output saat digunakan untuk men-charge gadget lain.

asus-zenpower-slim-tombol-power-led-voltage-indicator-micro-usb-usb-powerbank

Saat tidak digunakan, tombol power tersebut bisa digunakan untuk memeriksa kapasitas dari powerbank. Cukup tekan tombol satu kali maka deretan lampu LED di sebelahnya akan menyala sesuai kapasitas daya yang tersisa.

asus-zenpower-slim-capacity-check

Empat indikator LED tersebut tiap LED-nya mewakili 25% dari total daya yang tersisa. Sebagai contoh di atas, dua buah LED menyala artinya kapasitas daya di powerbank adalah antara 25-50%.

 

Menggunakan ZenPower Slim 6000

ZenPower Slim 6000 ini sepertinya belum mendukung fitur Quick Charge namun saat saya isi daya menggunakan power adapter, ia mampu menerima arus hingga 2 ampere sehingga pengisian daya powerbank menggunakan kabel bawaan tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

asus-zenpower-slim-powerbank-charging-2A-current

Begitu juga saat saya gunakan untuk men-charge HTC One yang saya miliki, ZenPower Slim 6000 bisa menghantarkan arus hingga 1 ampere. Saya kira ZenPower Slim 6000 akan bisa menghantarkan arus hingga 2 ampere jika digunakan untuk men-charge gadget generasi terbaru.

asus-zenpower-slim-powerbank-charging-htc-one

Sayangnya, saat ini  saya belum memiliki gadget lain yang pemakaian dayanya lebih besar sehingga belum bisa mencobanya 😀

Dari beberapa hari pemakaian,  ZenPower Slim 6000 ini bisa mengisi daya smartphone milik saya dan istri hingga 3 kali untuk satu kali charge. Sangat cukup untuk pemakaian standar harian.

 

Kesimpulan

Saya tidak menggunakan ZenPower Slim 6000 dalam waktu lama namun saya bisa menyimpulkan bahwa powerbank ini sangat ideal untuk dimiliki. Kapasitasnya yang cukup besar dengan ukuran yang ramping membuatnya nyaman dibawa dan digunakan sehari-hari.

Seandainya Asus menyertakan pouch dalam paket penjualan powerbank dengan harga 180-240 ribu (harga di beberapa marketplace lokal) ini tentu akan sangat bermanfaat. Namun ini hanya preferensi saya pribadi.

Secara garis besar saya puas dengan performa ASUS ZenPower Slim 6000 dan belum menemukan titik kelemahan dari powerbank satu ini.

 

 

 

3 comments

This post has 3 comments, nice!

  1. Q-thrynx 03/05/2018 at 18:14

    satu hal yang selalu saya cari di review produk adalah harganya, dan ini tidak dibahas.
    hmm pembaca kecewa… 🙁

  2. Zam 03/05/2018 at 18:49

    woh, dah pake Li-Po!

  3. Yeni Setiawan 04/05/2018 at 04:10

    Siap, sudah saya tambahkan Mas 😀

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>