sandalian.com


Mencoba Kecanggihan Google Translate

14 January 2015 18:53:36 WIB, under category Tech

New Google Translate

Hari ini saya membaca berita bahwa aplikasi Google Translate terbaru sudah bisa membaca teks dari gambar dan saya langsung tertarik untuk mencobanya. Membaca teks dari gambar sebenarnya bukan hal baru, namun baru kali ini fitur tersebut ditambahkan ke aplikasi Google Translate.

Setelah menginstal Google Translate di smartphone Android tua, saya membuka folder-folder foto di laptop untuk mencari beberapa foto papan petunjuk jalan di Polandia yang sengaja saya foto saat diundang berkunjung ke kantor Opera beberapa bulan yang lalu.

Cara pakai aplikasi Google Translate ini ternyata sangat mudah. Tinggal tap ikon kamera yang ada di aplikasi kemudian arahkan kamera ke tulisan yang ingin diterjemahkan.

google-translate-01

Setelah menemukan tulisan yang dikenali, aplikasi Google Translate akan meminta kita meng-highlight tulisan yang ingin diterjemahkan. Kayak ngasih stabilo tapi tinggal tunjuk pakai ujung jari.

google-translate-02

Dalam hitungan detik, sudah muncul terjemahan untuk teks yang kita pilih. Luar biasa!

google-translate-03

Teknologi seperti ini tentu saja akan mempermudah orang-orang yang sedang bepergian ke negara dengan bahasa yang berbeda, terutama untuk negara-negara yang tidak berbahasa Inggris.

Btw sewaktu berkunjung di kantor Opera saya penasaran dengan rambu petunjuk jalan ini. Berkat Google Translate saya pun jadi tahu artinya, yaitu sepeda hanya boleh digunakan di area tersebut pada jam 5-9 pagi.

papan-petunjuk-jalan-asing

Mungkin karena jam segitu masih sepi ya.


No comments yet, dooh!

Wohaa, no comments yet. You can say Pertamax :p

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>