Burung Elang di Atas Rumah

March 5, 2018 | Daily, Sejarah Keren | , , , , , , ,

Sekitar satu minggu yang lalu (pas weekend), kami mendapati seekor burung elang melayang-layang di atas rumah kami. Saya dan Lumen mendengar suara melengking saat sedang berada di samping rumah. Kami berpandangan lalu berteriak, “suara elang!”.

burung-elang

Begitu menengok ke atas, ternyata benar ada seekor elang melayang-layang di atas rumah kami sambil sesekali mengeluarkan suara melengking.

Awalnya saya agak ragu karena ukuran burungnya relatif kecil dan terlalu sering mengeluarkan suara. Namun setelah bertanya ke Pakdhe Mbilung dan Om Dayat yang sehari-harinya meneliti burung, mereka mengatakan bahwa kemungkinan besar burung tersebut adalah elang ular.

Menurut artikel Wikipedia, elang ini disebut elang ular karena makanan utamanya adalah ular, selain  burung-burung kecil sampai ke mamalia kecil seperti tikus atau kelinci kecil. Burung ini juga termasuk berisik karena saat terbang akan mengeluarkan suara melengking berkali-kali 😀

Untungnya kami sempat mengambil video elang ini saat terbang. Mohon dimaafkan orientasi video-nya yang portrait yaaa..

Sesekali terdengar suara lengkingan burung dan juga suara Lumen yang menirukan suara burung tersebut 😀

 

2 comments

This post has 2 comments, great!

  1. Zam 05/03/2018 at 14:05

    woh, sungguh beruntung!

  2. Dirman 08/03/2018 at 20:40

    asyiknya..

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>