Sejarah Gemblung

Naruto berasal dari Indonesia?

NarutoSebelumnya perlu saya jelaskan bahwa artikel ini bukan bermaksud SARA atau chauvinisme, melainkan hasil perenungan yang mendalam diiringi prosesi pati geni dan puasa mutih selama tujuh hari dan mandi menggunakan air dari sepuluh sumber mata air di hari terakhir.

Begini, Naruto itu sebenarnya berasal dari Indonesia. Anda boleh percaya bahwa saya sedang nggedebus1, tapi ini bukan gedebusan yang tanpa dasar. Ini ilmiah karena ada persamaan empirisnya *halah*.

Dalam bahasa Jepang, sejauh yang saya tahu, mereka tidak mengenal huruf mati selain huruf n, itupun terbaca seperti ng. Sedangkan untuk huruf yang lain (terutama untuk kata-kata serapan dari bahasa asing), jika mati maka akan ditambahkan huruf vokal a, i, u, e, o pada akhir konsonan yang dimatikan tersebut.

Misalnya pada kata basket, pengucapan dengan bahasa Jepang akan menjadi basuketto. Lalu ada football yang menjadi futtobo-ru, kid menjadi kiddo dan lain-lain.

Nah, dengan menggunakan metode yang sama berarti kata Naruto itu berasal dari kata Narto. Karena orang Jepang tidak bisa mengucapkan kata Narto dengan baik maka kata Narto itu berubah menjadi Naruto.

Lalu di dunia ini siapa pemilik nama Narto atau Sunarto selain orang Indonesia?

Maka banggalah jadi orang Indonesia!

 

1. Nggedebus: berbohong, hampir sama dengan ndobos.

54 comments on “Naruto berasal dari Indonesia?

  1. NARTO IKU KALAU GAK SALAH NAMANYA TETANGGA KU LO….DIA NINJA DONG?!

Leave a Reply