Daily, Sejarah Keren

Tukang Foto Keliling Jaman Now

Akhir pekan kemarin, saya dan keluarga pergi camping di sebuah pantai kecil di Gunung Kidul. Saat matahari mulai bergeser ke barat, saya melihat beberapa orang membawa kamera DSLR dengan lensa panjang.

Awalnya saya kira mereka adalah pelancong, namun ternyata mereka adalah juru foto keliling yang menawarkan jasanya kepada para pengunjung pantai tersebut.

Berbeda dengan juru foto keliling di masa lalu, saat ini mereka tidak lagi menawarkan hasil fotonya dalam media cetak.

Dengan berbekal kabel USB OTG (On The Go), mereka akan menyalin foto-foto dari kamera DSLR mereka ke ponsel kita. Harganya Rp 3000 per file foto.

Saya lupa sedang masak apa. Dipotret oleh juru foto keliling secara candid.

Sebuah perubahan yang cukup menarik dan layak diacungi jempol. Ponsel eh smartphone memang sebuah penemuan yang mengubah banyak hal.

Satu pertanyaan yang belum terjawab adalah apakah mereka melayani transfer file ke perangkat iOS juga? Kemarin saya tidak sempat bertanya.

3 comments on “Tukang Foto Keliling Jaman Now

  1. Selalu ada adaptasi di setiap perubahan, dan kadang-kadang membagongkan. Salut untuk pasa tukang foto maupun yan g di foto ini, semoga dari sisi supply-demand berimbang sehingga baik penyedia jasa maupun wisatawan dapat merasa nyaman, tidak ada yang merasa ‘dipaksa’, seperti di kebanyakan tempat wisata.

Leave a Reply