tiket
Gak Penting

Numpak Kereta Blora Jaya

tiket
Saya baru tahu bahwa ternyata ada kereta api dari Purwodadi menuju Bojonegoro untuk kelas bisnis, sebelumnya yang saya tahu hanya ada KRD kelas ekonomi. Kebetulan saya dan istri memang akan kembali ke Bojonegoro, jadilah kami mendapatkan kesempatan numpak sepur ini untuk pertama kalinya.

stasiun ngromboKami naik dari Stasiun Ngrombo, sebuah stasiun kecil sebelum Stasiun Gambrengan yang lebih besar dan terkenal. Harga tiketnya sebesar Rp. 28.000 dan kereta tiba pukul 09.45 WIB.

Sebenarnya ada kereta yang lebih pagi, yaitu sekitar jam 7 pagi dan harga tiketnya jauh lebih murah, yaitu Rp. 5000 saja (KRD atau Feeder Lokal namanya). Namun karena kami malas bangun pagi, akhirnya merelakan membayar lebih, yang penting bisa tidur lebih lama *eh*

Di stasiun tersebut banyak penjual pecel. Menurut cerita orang-orang tua, pecel di stasiun di wilayah Purwodadi sangat terkenal. Makan pecel ditambah peyek kacang, nikmatnya tiada tara.

Akhirnya setelah menunggu tak berapa lama, keretanya tiba.Kereta Api Blora Jaya

Cukup mulus juga keretanya. Di dalamnya kurang lebih mirip Kereta Prameks di Jogja, hanya saja tempat duduknya terdiri dari bangku yang saling berhadap-hadapan seperti kereta-kereta jarak jauh.

sepur blora jaya

Setelah kurang lebih 2 jam, kereta sampai di Stasiun Cepu dan kereta berhenti agak lama.  Karena lapar (meskipun sebelumnya sudah sarapan) istri saya membeli nasi lontong pecel dari ibu-ibu penjual pecel yang masuk ke dalam kereta ketika kereta sedang berhenti.

nasi pecelBumbu pecelnya sangat kental dan nendang sekali rasanya. Dengan sayuran berupa bunga turi, bayam (atau daun ketela ya?) serta dilengkapi dengan lauk berupa peyek kacang dan tahu goreng rasanya sangat dahsyat. Saya lupa harganya, yang jelas cukup murah dan tidak akan menyesal untuk membelinya lagi.

Total perjalanan dari Purwodadi sampai Bojonegoro adalah 3 jam. Itu sudah termasuk ketika kereta berhenti lama di Cepu dan perjalanan naik angkot dua kali menuju rumah mertua.

Lain kali saya akan mencoba naik kereta dari Jogja ke Purwodadi atau sebaliknya, semoga diberi kesempatan bangun pagi 😀

8 comments on “Numpak Kereta Blora Jaya

  1. lewat stasiun nggambringan? klo pas disana banyak yang jualan pecel enak enak.
    saya pernah naik semarang bojonegoro turun di cepu.

  2. biasakan shalat subuh, biar bisa bangun pagi..
    *pasang peci*

  3. Lain kali saya akan mencoba naik kereta dari Jogja ke Purwodadi atau sebaliknya, semoga diberi kesempatan bangun pagi

    minta bangunin istri, donk! 😆

  4. Brother semua , saya d Jkarta klo mo k purwodadi bagaimana carane numpak sepur ? Thx before .tolong kasih tau yg jelas yah soalnya ini perjalananku pertama kali .

Leave a Reply