05/12/2007
Gak Penting

Kemana mereka pergi?

screenshot echo.or.id
Saya mengikuti beberapa milis dan forum keamanan internet sejak awal-awal saya kenal internet. Waktu itu, semua bersemangat dan saling posting temuan-temuan maupun teknik-teknik yang mereka punyai, sehingga benar-benar memacu semangat yang lain untuk belajar.

Tahun berlalu dan para aktivis tersebut sudah mulai mendapatkan pekerjaan mapan, sehingga mereka sudah jarang menulis lagi. Ataupun kalau menulis, hanya untuk kalangan tertentu. Lalu kemana para angkatan baru?

Memperhatikan forum-forum dan milis-milis keamanan & programming akhir-akhir ini, hanya bikin miris. Mereka hanya bisa meminta! Belum saya lihat ada pemula yang berani mengeluarkan ide maupun hal yang baru. Nggak pede, atau memang kepala nggak ada isinya?

Bahkan cara meminta saja bener-bener totaly morron.

Lalu membaca beberapa tulisan Pak Budi Rahardjo, tampaknya beliau juga pusing dengan mahasiswanya yang kurang inisiatif. Di mana letak kesalahan, sehingga tidak ada “pembaruan”? No wonder kalo sekarang banyak mahasiswa yang skripsinya dikerjakan oleh orang lain, dengan imbalan uang. WTF!

Membayangkan para brainless body itu nantinya bekerja dan memegang posisi strategis.. Oh no…

Berkaitan dengan skrinsyut di atas, itu berasal dari forum ECHO. Saya paling senang membaca-baca kategori potongan ide karena saya berharap bisa menemukan hal-hal baru. Dan ajaibly, kategori itu selalu sepi!

15 thoughts on “Kemana mereka pergi?
  1. “No wonder kalo sekarang banyak mahasiswa yang skripsinya dikerjakan oleh orang lain, dengan imbalan uang. WTF!”

    bukane artine itu Lowongan Pekerjaan?

    ๐Ÿ˜€

  2. it’s ‘moron’, with single ‘r’

    try ‘define:morron’ on google, u wont get the expected result.

    *aku iki ngomong opo seh??*

  3. udah diaku-aku sama negeri sebrang kali jeng.. *kali aja gitu*
    wekeke.. apa lagi meninggikan sikap nasionalismenya? kan sekarang lagi gencar-gencarnya tuh jeng.. *au agh!*

    ๐Ÿ˜€

  4. biasanya minta diajarin nya kaya gini
    “Saya pengin bisa hacking nich. Ajarin saya donks mas, sedetil2 nya ya. maklum masih newbie banget nich. Kirim ke imel saya di bla@bla.com

    btw, dweb juga sepi nch

  5. wehh… dweb yang punya jeng yenni juga tho.. duh.. ternyata bumi cuma selebar daon kelor.. ke forum ini ketemunya ini-ini juga.. ke forum itu ketemunya itu-itu juga.. wekeke..

    *semangat*
    thx atas ilmunya di dweb:-D

  6. Situ baru nulisnya sekarang jeng, yg lain udah ngepak2 koper mo cabut dari forum. Nah mumpung situ masih waras, jadi kewajiban sampeyan buat natar moron2 newbie itu, terutama di dw.

  7. Lalu kemana para angkatan baru?

    Masih pada sibuk tanya cara bikin virus, baca buku cara jadi hacker, sama ngoprek windows. ๐Ÿ˜€

  8. *ah basi tuuh, dasar newbie*
    *yang begituan kok baru tau nih si newbie*

    kadang ada juga nubi yang punya ide bagus, tapi ngga bisa ngungkapin. ngga berani, tepatnya. cuma karena kata2 diatas. *curhat*

    ndak semua nubi itu moron. ๐Ÿ˜‰

  9. mahasiswa jaman sekarang, jangankan skripsi lha wong ujian aja mreka mending milih beli soal, cari joki bwt ngerjain, lah klo gitu mreka kuliah bwt apa yow? ah mbuh lah

Leave a Reply