Kangen Mancing

May 14, 2008 | Gak Penting

Sejak kecil saya hobi mancing di sungai dan di parit-parit depan rumah. Cukup congkel tanah di sebelah rumah, keluar satu atau dua ekor cacing lalu saya masukkan ke kantong plastik. Kemudian potong 2-3 cm lalu pasang di kail dan siap keliling kampung mencari ikan ndolon atau sukur-sukur ada ikan kutuk yang ndlongop (menampakkan sebagian wajahnya, entah karena bernafas atau berjemur). Ikan kutuk itu sama saja dengan ikan gabus, sedangkan ndolon adalah nama ikan gabus yang masih kecil. Maaf OOT bentar, di sini kadang saya bingung campur takjub. Dalam Bahasa Jawa selalu ada nama untuk anak hewan, misalnya anak sapi namanya pedhet, anak kambing namanya cempe dll.

Begitu ada ikan yang ndlongop tadi segera saya ulurkan kail ke arahnya. Hap, langsung tarik dan ikan sukses nyantol di kail. Lepaskan dari kail, ambil rumput yang panjang dan tusukkan rumput dari insang ikan menuju mulut sehingga begitu dapat ikan banyak maka ikan tersebut akan menjadi rentengan panjang dan membanggakan πŸ˜€

Selanjutnya cacing dan kail tadi bisa digunakan berkali-kali sampai tidak layak pakai lagi baru diganti dengan potongan cacing yang baru.

Beda lagi kalau mancing di sungai. Menggunakan umpan daun rumput teki, daun lembayung (daun kacang sayur) atau jangkerik/belalang saya biasanya mendapatkan ikan jenis wader, derbang (wader abang, ikan wader bersirip merah) juga satu ikan yang saya lupa namanya. Ikan yang terakhir ini mirip lele karena mempunyai sungut dan duri di sirip namun bentuknya pipih seperti ikan wader dan kalau didekatkan ke telinga kita akan terdengar bunyi lucu seperti suara Donal Bebek.

Beberapa teman saya lebih ekstrim lagi umpannya. Mereka menggunakan (maaf) kotoran manusia untuk umpan. Caranya pup tadi dicampur dulu dengan lumpur sehingga menjadi liat. Kemudian kail dibenamkan ke adonan tadi, dibentuk bulatan kecil dan siap dipakai πŸ˜€

Yes,itu sudah bertahun-tahun yang lalu. Sekarang sudah ga pernah mancing lagi. Pengen mulai mancing tapi ga ada kenalan yang biasa mancing. Mo mulai mancing di laut belum tau caranya he.he.

Ada yang mau ngajak saya mancing?

18 comments

This post has 18 comments, unbelievable!

  1. goop 14/05/2008 at 17:26

    *toss* brader, saya juga menunggu yang bisa mancing mengajak dan meminjamkan alat pancingnya sekalian πŸ˜€
    ora modal πŸ˜›

  2. gambarpacul 14/05/2008 at 20:50

    mancing birahi wae ndal….luwihasyik kuwi..!

  3. ndoro kakung 14/05/2008 at 21:36

    mancing keributan wae, ndal. gelem rak?

  4. antobilang 14/05/2008 at 21:54

    ndal, ayo gawe tret ning milis, soal mancing iki.
    aku meluuuuuu

  5. iman Brotoseno 14/05/2008 at 22:03

    asal jangan mancing keributan..umpannya fitnah

  6. leksa 14/05/2008 at 23:05

    aku dulu juga gitu, Ndal..
    paling sering pas bulan puasa,..

    macing disungai yang masih jernih, duduk diatas batu2 sungaicuma make benang kecil, mata kali nomor 1.. dan umpan nyusi dari rumah, udang-udangan seger belanjaan ibu pas pagi πŸ˜€

    terus tiarap di batu sungai, muka deketin ke air, turunkan kail dipinggir batu…
    nanti ada capit2 keluar,.. mau ngambil umpan…

    tidak serumit mancing ikan, tinggal tunggu aja si udang ngemut, pasti nyangkut,..
    Lumayan udangnya GEDE GEDE.. udang karang sungai .. πŸ˜€

  7. L 15/05/2008 at 10:06

    Jeng, ngajak Omrey aja.
    kalo gk ada umpan, nyari aja kepiting buat umpannya

    *siyul2

  8. venus 15/05/2008 at 10:18

    njijiki, ndal. umpannya ee??? 😐

  9. waterbomm 15/05/2008 at 10:58

    mancing bareng cewe rasanya enak πŸ˜€

  10. itikkecil 15/05/2008 at 11:04

    umpanya itu lo…. emangnya ada yang mau makan ikannya?

  11. aprikot 15/05/2008 at 11:17

    mancing nang laut ndal, pake perahu nelayang terkatung2 sehari semaleman nag tengah laut, wes tahu durung?

  12. mPitz 15/05/2008 at 12:41

    kmaren gwa mancing cowok dapetnya ciken. huahahaha!!!!

  13. the kepiting 15/05/2008 at 14:36

    MANCIIIIIIIIINGGGGGGGG???
    yuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuk…..

  14. mi 15/05/2008 at 16:47

    klo temen-temen sd ku dulumancingnya pake umpan bekicot, Jeng, monggo dicoba.. πŸ™‚

  15. Jiban 15/05/2008 at 17:10

    wah… mancingg…
    sama aku dulu juga suka mancing, tapi sekarang nggak pernah lagi…

  16. funkshit 16/05/2008 at 11:29

    penakke numpak sampan . .nang danau sore2 . . .
    kayane seru . . .

    *tret naruto ngga bia dibuka dari t4 saya πŸ™

  17. Ruud 16/05/2008 at 13:21

    HEhehe..mosok mancing iwak pake umpan pup-nya orang.
    Lah hasilnya pancingannya trus mo diapain. Kebayang ….

  18. ikancupang 19/04/2010 at 18:47

    menarik artikelnya gan….

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>