sandalian.com

Catatan Bapak Muda Berbahaya

Penggantian Kartu ATM Mandiri dan BCA via Aplikasi

Beberapa waktu yang lalu saya mengajukan penggantian kartu ATM Mandiri dan BCA melalui aplikasi internet banking di HP. Kartu ATM Mandiri saya sudah kedaluwarsa sedangkan kartu ATM BCA saya jatuh/hilang saat saya simpan di celana dengan desain saku yang salah.

Soal celana dengan desain saku yang salah ini, sebelumnya saya mengalami kejadian di mana barang di saku celana tersebut meluncur jatuh saat saya duduk. Beberapa kali. Jadi ya saya salahkan saja celananya, tapi tetap dipakai lagi dan lagi.

Kembali ke penggantian kartu.

Penggantian Kartu ATM Mandiri

Penggantian kartu ATM Mandiri saya lakukan dengan mengakses halaman website join.bankmandiri.co.id dan mengisi detail kartu dan nomer rekening. Setelah itu dilakukan sesi video call melalui website tersebut.

Karena saya mengisi formulirnya melalui HP, video call juga dilakukan melalui browser di HP saya. Ternyata video call-nya mengalami masalah yaitu saya tidak bisa mendengar suara mbak pegawai Mandiri di seberang. Saya tidak tahu apakah penyebabnya adalah peramban (browser) saya, HP saya, atau aplikasi web Bank Mandiri.

Penggantian kartu mengalami kegagalan dan belum saya coba kembali.

Informasi lain yang saya terima, penggantian kartu bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri. Tapi untuk itu saya harus berganti aplikasi dari Livin’ by Mandiri dengan ikon warna biru ke Livin’ by Mandiri yang baru dengan ikon warna kuning. Selisih ukuran aplikasinya lebih dari 100MB sehingga belum saya coba.

Penggantian Kartu ATM BCA

Untuk penggantian kartu ATM BCA, saya melakukan pengajuan melalui aplikasi BCA Mobile di HP saya. Setelah login, tap tombol Akun Saya di pojok kanan bawah, kemudian tap di pilihan Ganti Kartu dan pilih kartu baru yang ingin digunakan.

aplikasi BCA Mobile

Karena jarang bepergian ke luar negeri, saya memilih kartu yang menggunakan jaringan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Kemudian pilih alamat pengiriman dan konfirmasi alamat email. Pengiriman kartu diproses kurang lebih 1 minggu dengan biaya pengiriman 20 ribu rupiah yang dipotong dari saldo aktif.

kartu ATM BCA dengan chip dan jaringan GPN

Setelah kurang lebih 1 minggu, kartu ATM BCA yang baru telah saya terima dan tinggal saya aktifkan dengan mengikuti petunjuk yang ada di dalam amplopnya. Sangat mudah 🥳

Next Post

Previous Post

2 Comments

  1. Q-thrynx 09/03/2022

    Yang swasta emang lebih simpel ya. 😁

  2. soloskoy 03/04/2022

    Saya belum pernah makai cara digital seperti ini. Selalu datang ke bank-nya karena lokasinya dekat rumah.😁

Leave a Reply

© 2022 sandalian.com

Theme by Anders Norén