Cerita Singkat Tentang Api

December 23, 2017 | Daily

ilustrasi api - fire illustration

Sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan, saya baru tahu bahwa teknik pembuatan api ternyata baru ditemukan sekitar 120.000 tahun yang lalu.

Sebelum menguasai teknik pembuatan api, perkenalan manusia dengan api terjadi karena faktor bencana alam seperti serangan naga, kebakaran hutan, atau petir yang menyambar pohon hingga terbakar.

Setelah mengetahui manfaat api sebagai penghangat, pelunak makanan (memasak), dan penerangan, manusia jaman dahulu akan berusaha mempertahankan api itu agar tetap menyala selama-lamanya dengan berbagai cara. Itu karena mereka belum tahu cara membuat api.

Jika kemudian terjadi hujan badai yang memadamkan api yang mereka jaga itu maka kelompok manusia tersebut akan hidup dalam kegelapan dan kedinginan hingga bertahun-tahun –bahkan lintas generasi– sampai ada petir menyambar atau kebakaran hutan terjadi lagi.

Sengsara bener ya hidup di jaman dulu..

2 comments

This post has 2 comments, amazing!

  1. z. imama 04/01/2018 at 22:54

    …setelah tahu cara membuat api juga masih tetep sengsara. kayu atau batu digesek-gesekin sampai keluar percik, itu mah nunggu tangan kapalan dulu baru berhasil 🙁

  2. BlogDokter.ID 20/01/2018 at 18:43

    Sampai sampai ada suku yang menyembah api, saking susahnya memperolehnya

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>