PHP

Mendapatkan lagu dari ijigg

Tutorial berikut ditujukan untuk mengetahui asal mula script ijigg downloader bekerja. iJigg adalah situs upload lagu-lagu mirip dengan Youtube, bedanya iJigg hanya audio. Sebagai contoh, kita akan menggunakan URL http://www.ijigg.com/songs/V2BGDDEP0

Pertama, kita lihat source dari halaman http://www.ijigg.com/songs/V2BGDDEP0 lalu kita cari file SWF-nya. Kenapa SWF? Karena dengan mudah bisa dilihat dari player-nya bahwa situs tersebut menggunakan file SWF untuk memutar lagu.

[code]

[/code]

Nah, disitu kita lihat bahwa ada suatu nilai dari URL yang dimasukkan ke dalam file SWF (jiggPlayer.swf), yaitu V2BGDDEP0. Berarti ada sesuatu di dalam file jiggPlayer.swf tersebut yang membaca nilai V2BGDDEP0 dan mencocokkan dengan database lagu (masih perkiraan).

Langkah selanjutnya, mari kita download file jiggPlayer.swf dan kita lihat scriptnya. Dalam praktek ini, saya menggunakan SWF Decompiler versi trial. Hey, ga perlu membajak. Versi trial bisa menampilkan dua action script, sedangkan full versionnya bisa menampilkan semua action script yang ada. Secara file jiggPlayer.swf sudah terlacak alur programnya di action script pertama, maka ga ada gunanya kita membajak SWF Decompiler ini!

swf decompiler

Dapat kita lihat pada baris ke 265, file SWF ini ternyata ngecek ke http://www.ijigg.com/cgi-bin/loadSongData.cgi?songID= di mana di belakang tanda samadengan kemungkinan besar adalah V2BGDDEP0, atau id unik dari database lagu-lagu. Tak perlu panjang lebar, mari kita cek apa yang akan keluar jika kita buka URL http://www.ijigg.com/cgi-bin/loadSongData.cgi?songID=V2BGDDEP0 menggunakan browser web.

Ho.. ho.. ho.. file XML saudara-saudara!
[code]http://staticmdb-001.ijigg.com/songdata/1179482941545068586222048a548ce224ef805a12.mp3
Glory! Glory! MAN. UNITED – GLORY GLORY Man Utd
02:32
467
0
[/code]

Kita baca file XML tersebut dan kita dapati bahwa URL menuju lagu tersebut diapit oleh tag <songLocation> dan </songLocation>. Anda bisa menggunakan XML parser atau cara apapun yang paling nyaman menurut Anda. Silahkan dikembangkan, silahkan membuat layanan downloader, silahkan berkarya terus-menerus ^_*

5 Comments

  1. Terus Berkarya! >_< Mantaf nih orang, secara banyak bandwidth. secara hubungan dengan artikel sebelumnya tentang pembajakan.. apa file Mp3 dr ijig ini bukan pembajakan? 😀 komen pertama!

  2. ow ternyata. ;)) ente jeli banget ya jeng. salut!

  3. @kiyat
    hi.hi. full kontroversi yak?

    @agung
    maklum jeng, keseringan liat keindahan alam jepang 😀

  4. eiei

    Plz create script ijigg clone suppot php *-*
    Sreach ijigg add to database my site

  5. ada cara lebih mudah ko bos, pake aje Internet Download manager, trs klik option, di tab file types nye tambahain MP3 (kl udah ada ya gak perlu),selesai deh. tinggal play di web, IDM lgsung otomatis download lagu nya. visit rifanelly.blogspot.com for more tips n trick .

Leave a Reply