21/05/2008
Berita

Wall Climbing di ESPN

CarabinerBaru saja saya lihat tayangan KIA X Games Asia di ESPN. Kebetulan yang saya lihat adalah lomba wall climbing putra dan sepintas saya lihat ada wajah Indonesia di antara peserta lomba dan saya-pun merapat ke televisi. Sepertinya babak semi-final sudah dimulai.

Ternyata memang benar, di semi-final ada dua peserta dari Indonesia, satu bule dan satu dari Hongkong. Dalam perlombaan wall climbing untuk kategori speed tersebut akhirnya dimenangkan oleh pemanjat dari Indonesia yaitu Abu Dzar Yulianto, sedangkan Galar Pandu Asmoro menempati peringkat ketiga setelah pemanjat dari Hongkong.

Bahkan untuk kelas speed putri, juara satu dan dua disabet oleh pemanjat dari Indonesia yaitu Evi Neliwaty dan Etti Hendrawati. Yang menarik adalah Etti Hendrawati ini adalah pemanjat yang mengenakan jilbab serta mengenakan kaos lengan panjang dan celana panjang. Tadinya saya berpikir apakah pakaian itu tidak menghambat gerakan dia? Tapi ternyata lincah sekali saudara-saudari!

Yang membuat saya tersenyum adalah ketika Abu Dzar Yulianto ini diwawancarai oleh reporter ESPN (sepertinya berasal dari China) yang berkulit putih dan mengenakan gaun merah seperti Lady Bond (kontras dengan pemanjat Indonesia yang berkulit gelap dan sedikit berjenggot ala anak muda jaman sekarang serta berkostum sport). Waktu itu mbak reporter bertanya bagaimana perasaannya, dan Abu Dzar Yulianto menjawab dengan logat Jawa:

Very happy.. very happy.. Ya.. very good lah.

Very inspiring, membuat ngantuk saya hilang di sore ini ๐Ÿ™‚

22 thoughts on “Wall Climbing di ESPN
  1. Indonesia selalu ikut extreme games ESPN di cabang wall climbing aja, tapi kalo BMX style dan scateboard…ga pernah ada ๐Ÿ˜€

  2. sayang olah raga ini masih kurang memasyarakat… mungkin perhatian pemerintah juga masih sangat kurang…
    untungnya gak zam yang diwawancarai…
    bisa2 jawabnya gini…..
    ohh..yesss…oh…oh… no…oh YESSZ

  3. Olah raga panjat tersebut memang layak kalo dapet juara lha kampung say isine pemanjat kelapa alias Nderes klopo pagi sore mereka pada ambil nira cuman belum di ikutkan olimpiade hahahhaaaa

  4. iya, etty itu dari jogja.
    dah nikah, suaminya juga seneng “penekan”.
    dia dah jadi juara dunia pas masih sma

    jilbaban ning yen menek koyo munyuk ๐Ÿ˜€

  5. emang udah lama ko indonesia berjaya di cabang panjat tebing, tapi yang dikategori speed.
    selamat bwt etti dkk
    indonesia bisa!!!

  6. abu dzar yulianto?
    panggilannya neo bukan ya?
    iya aku juga liat pas di ESPN itu…
    keren bgt ya…. sampe deg2 liat pas final ma tuh bule….

  7. maaf ya
    aku lebai…
    he2….
    indonesia….
    tahun ini menang lagi ya…..

Leave a Reply