02/08/2007
Web Dev

Transparasi file PNG di Internet Explorer

Untuk gambar yang mengandung bidang transparan, umumnya kita menggunakan file gambar berformat GIF. Namun sayangnya GIF hanya bisa transparan saat berada di atas satu warna yang solid. Ketika berada di atas dua warna atau gradien, GIF akan meninggalkan halo seperti bercak-bercak yang tidak sedap dipandang.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa beralih ke file PNG yang lebih ampuh untuk gambar yang mengandung transparansi. Namun sayangnya, Internet Explorer tidak mendukung transparansi PNG, duh! Alih-alih transparan, malah akan muncul warna aneh yang tentu saja akan menghancurkan desain.

Sudah lama saya mengetahui bahwa penyakit ini bisa disembuhkan dengan javascript, namun baru sekarang menyempatkan diri mencari obatnya setelah tadi kangdiman bertanya kepada saya. Ok berikut ini obatnya:


Script tersebut diapit dalam IF tujuannya adalah agar hanya dijalankan saat dibuka menggunakan Internet Explorer. Eh ngomong-ngomong, sandal saya di bawah masih jelek yah di IE ^o^

16 thoughts on “Transparasi file PNG di Internet Explorer
  1. uda lama ngga make IE
    tadi nyoba buka Web ini pake IE 6
    pas halaman ini menunya jumpalitan ra toto loh πŸ˜€
    sandalnya juga ada backgroundnya

  2. Belum ada yang benar2 sempurna hack/scriptnya… mendingan jangan pakai alpha transparenscy πŸ˜€

  3. eh ada mas pupung πŸ˜€
    iya sih, saya juga menghindari transparansi, cuma kadang dapet dari temen kayak gitu πŸ˜€

  4. bener kata mas pupung,
    belum ada yang sempurna banget…

    tapi dari pada kepanjangan kayak di atas,
    mending pake jquery… πŸ˜€

  5. Kutipan:
    Untuk mengatasi hal ini, kita bisa beralih ke file PNG yang lebih ampuh untuk gambar yang mengandung transparansi. Namun sayangnya, Internet Explorer tidak mendukung transparansi GIF, duh!
    Tanggapan:
    » mas sandal, itu yang bener GIF atau PNG ???

Leave a Reply