Masih Ada Ronda

December 22, 2015 | Daily | , , ,

Di kampung tempat saya tinggal sekarang, masih diadakan ronda setiap malam. Saya mendapat jatah ronda setiap malam Kliwon, lima hari sekali.

Biasanya ronda dimulai pukul 21:00 dan selesai tengah malam dengan acara penutup berupa keliling lingkungan RT untuk mengambil jimpitan yang besarnya Rp. 200 per kepala keluarga.

Sepintas memang angka jimpitannya sangat kecil. Namun akumulasi jimpitan tersebut selama setahun biasanya cukup untuk membeli perlengkapan kebutuhan RT seperti tenda dan kursi untuk acara-acara warga.

Warga yang lupa mengisi kaleng jimpitan di depan rumahnya biasanya akan dicatat dan akan ditagih pada acara kumpulan RT yang diadakan setiap malam Kamis Pahing.

2 comments

This post has 2 comments, nice!

  1. Q-thrynx 22/12/2015 at 10:57

    jimpitan itu kadang menjadi masalah, karena ada saja bocah2 mbeling yang ngambilin jimpitan sebelum bapak2 yang kebagian jatah ronda patroli keliling kampung. 🙂

  2. Yugo 26/12/2015 at 02:29

    Di daerahku, minimal 200 rupiah.
    Untungnya ga da “utang” kalo lupa ngisi.

    Nah, berhubung jarang di rumah. Biasanya tak jejerin beberapa uang pecahan 500. Maksudnya sih, per 500 diambil per hari, jadi bisa buat beberapa hari. Tapi entah kenapa selalu aja diraup semua di malam pertama. ?

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>