Berry jenis lain di Gunung Lawu

April 18, 2008 | Sejarah Keren

Berry liar di Gunung Lawu

Setelah kemarin saya menulis tentang Raspberry yang biasa saya temui di gunung-gunung yang pernah saya singgahi, kali ini saya akan bercerita tentang jenis berry lain yang saya temukan ketika jalan-jalan di Gunung Lawu tanggal 12-13 April kemarin. Di Gunung Lawu juga terdapat banyak raspberry namun kali ini saya ingin bercerita tentang berry lainnya saja. Maaf jika ukuran gambar terlalu besar, saya sudah berusaha mengecilkannya lho..

Berry jenis ini hanya saya temukan di antara Pos 1 dan Pos 2 di jalur pendakian Cemoro Sewu (Jawa Timur), mungkin juga ada di tempat lain yang saya tidak tahu. Saya ga tau ini jenis berry apa, tapi berry yang satu ini rasanya kurang begitu berair dan hanya terasa kecut/masam di dagingnya. Tidak ada cairan yang menyegarkan rongga mulut ketika di makan dan ukurannya bisa empat atau lima kali lipat ukuran buah raspberry dan berbentuk seperti strawberry.

Buah berry di pohon

Karena ukurannya cukup besar dan tidak begitu berair, saya rasa buah ini akan cukup membuat kita kenyang tanpa harus kembung. Tentu saja dengan catatan bahwa perut Anda tidak sensitif dan mampu menerima segala jenis makanan.

Ini berry jenis apa ya?

Dari empat gunung yang pernah saya singgahi (Merbabu, Lawu, Sindoro dan Sumbing) saya hanya menemukan jenis berry ini di Gunung Lawu. Maaf tangan saya di foto atas terlihat kotor, ga pake sarung tangan sih πŸ˜€

ladang berry Ajeng panen berry

Saya paling bahagia jika menemukan “ladang berry” ketika siang hari, karena saya bisa panen sepuasnya. Foto di atas adalah gambar “ladang berry” dan Ajeng yang sedang memetik berry langsung dari pohon kemudian langsung disantap. Sesekali kami juga gigit langsung dari pohonnya ha.ha.

44 comments

This post has 44 comments, incredible!

  1. pengki 18/04/2008 at 16:10

    wow, ladang raspberry.. :O
    itu jalannya emang batu2 yang disusun rata atau gimana sih jeng ?

  2. starboard 18/04/2008 at 16:12

    Aku juga nemuin berry jenis baru… namanya Berry Riyadi πŸ˜€ temenku

  3. eko 18/04/2008 at 16:50

    wah uenak tenan kih…

    “Sesekali kami juga gigit langsung dari pohonnya” kok terasa ada “makna” yang laen ya jeng…

  4. antobilang 18/04/2008 at 17:17

    [….Sesekali kami juga gigit langsung dari pohonnya ha.ha….]imajinatif dan insipartif. :mrgreen: (iya, tau. smiley ndak bakalan muncul)

  5. balibul 18/04/2008 at 17:58

    ajeng tuh sapa sih, disebut-sebut terus. jealous tau !

  6. zam 18/04/2008 at 18:17

    duh..

    ngeri..

    jadi inget jurang..

  7. boo 19/04/2008 at 13:00

    janji lempermu selalu kutunggu… :-”

    *iki lemper opo?*

  8. Jiban 19/04/2008 at 15:29

    edian marai pengen munggah gunung….
    jeng, tadi aku waktu ngeliat photo2 itu (belum baca sampe akhir) aku kira si presenter yang lagi makan itu, adalah orang yang ikutan gathering dwebber di jogja pas habis lebaran dulu πŸ˜€

  9. sluman slumun slamet 19/04/2008 at 21:40

    jadi pingin ke lawu lagi…
    terakir pas aku masih muda dulu…

  10. The Cosmo 19/04/2008 at 21:50

    Pengen…

  11. ngodod 19/04/2008 at 22:18

    di-deuce enak ga…? kekeke…..

  12. rd Limosin 19/04/2008 at 22:29

    oh… *berpikir memikirkan rasanya*

  13. kangdiman 20/04/2008 at 14:01

    heleh..kok dadi culliner dik..;) besok posting jenis2 kadal yang ada di
    gunung dik…;) hehehe…malah saya pernah nemu di semeru kadal pake
    tas backpack gede banget , pake slayer orange malah..dan cuma pake
    celana dalam…siapa dia ???

  14. bokapnya EL 21/04/2008 at 09:04

    jeng yen, kalo “ajeng”-nya di sebut terus entar ada yg patah hati loh

    *siyul-siyul sambil nglirik blog tetangga

  15. Riyogarta 21/04/2008 at 19:38

    Maaf tangan saya di foto atas terlihat kotor, ga pake sarung tangan sih πŸ˜€
    Wah .. emang baru pegang apaan bisa kotor begitu :p

  16. paydjo 22/04/2008 at 10:33

    di sekitar grojogan sewu banyak kok.
    kalo yg biasa kemping di kali soro pasti sering nemuin kayak gitu

    * pengin ikutan nggigit *

  17. morishige 24/04/2008 at 01:29

    ada buah gituan tho di lawu??
    :mrgreen:

  18. Esmeralda 28/04/2008 at 19:38

    *bunuh diri njegur kawah Lawu*

    *emang ono tah?* πŸ˜†
    *iya iya, tau… smiley ndak akan muncul*

  19. ulunk 06/05/2008 at 18:43

    mba ajeng…klo dri cemoro kandang kira@ada ga pohon berrynya???aq mw cobainhehehe

  20. pena pamungkas 12/05/2008 at 18:55

    Wah anda beruntung sekali, bisa memperoleh berry di gunung lawu. Waktu mahasiswa saya sering naik ke puncak lawu namun belum pernah menemukan buah berry. Paling banter cuma sempat lihat kancil melintas.

  21. khalil 10/07/2008 at 11:54

    mcam ke pasar baaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah ni asyik juga tuh

  22. khalil 10/07/2008 at 11:56

    klo mu naik gunung coba ke aceh sxx,,,,,,,,,,Ektrem baget men,mu coba kutungguin’ petualangan mu

  23. Iway 05/09/2008 at 17:11

    Wkt W ke Lawu Qo g nMuin buAh bErRy y,. W mLaH nMuiN cE yg mNdaKi sNdriAn Di Lawu..

  24. galing 13/09/2008 at 09:10

    wah klo gue sih sering liat tuh “berry”..tapi gak di gunung lawu tapi di layar lebar..namanya Berry Prima..dia jago lho

  25. dc_thenoe 08/10/2008 at 19:46

    kalo berry yang ku dapetin malahan lebih beda dari yang beda dan lebih unik lagi…
    punya bau khas yang susah dilupain..
    berry depok beib nama yang ku kasih
    dapet di gunung merapi jogja 2 minggu untuk slamanya…
    from depok

  26. WOKO 07/02/2009 at 13:20

    Wah,,jd kpingin naek lawu lg nich,,!!!:-) Udh 2x naek lawu g prnah ktmu raspbery..soalnya q naekny malem sich jd gelap dech…

  27. cha-cha 01/03/2009 at 16:09

    kalo di wonosobo si namanya ucen

  28. dodol 13/04/2009 at 14:25

    kalo di kampungku di ciamis namanya “arben”. dulu sih didepan rumah kakekku juga ditanam ginian. sekarang ditempat tertentu aja karena jaranga ada yg tanam lagi

  29. budi 07/05/2009 at 16:54

    klo lewat yang jalur candi cetho lebih banyak lagi karena jalurnya lebih alami.
    dulu makan ginian terus waktu survival!!!!

  30. Mariah 09/06/2009 at 18:29

    nyesel…
    dulu aq kira tu buah beracun…
    habis dulu mikirny tu gini: konyol bgt klo smp da brita “seorang mahasiswi tewas di lawu… gara2 makan berri liar…” huhuhu…

  31. uwew 20/09/2009 at 00:30

    alam jangan disakiti karena dia adalah takdir…salam rimba…uwew

  32. rizal 19/10/2009 at 19:07

    mau dong

  33. DAVID 20/04/2010 at 09:28

    AKU PERNAH MAKAN BERY ITU WAKTU NAIK G.LAWU RASA NYA ASEM2 MANIS…JADI INGAT DULU AJA

  34. yota nur kholis 27/06/2010 at 16:34

    ketika anda berkata hanya menemukan berry di gunung lawu.. aku juga menemukan buah berry di gunung merbabu.. memang gak begitu bnyak phon berry yg sya jumpai..hanya 1x sya jumpai dan saya sempet mencicip buah na..bentuk buah na sama persis yg ada di fto anda di atas..

  35. Yeni Setiawan 28/06/2010 at 20:10

    @Yota
    Berarti Anda beruntung Mas. Saya mencoba mencari-cari pas di Merbabu nemunya hanya raspberry saja hehe.

  36. NadNad 09/08/2010 at 10:30

    Mbak…

    Itu arbei.. banyak kok di puncak :)… Di rumahku daerah cimacan, kami dulu punya 3 pohonnya..dalemnya kopong tho.. πŸ˜‰ seru iihh

  37. priljunior 04/09/2010 at 10:01

    aduh neyel decxh belon sempet daki lawu, tapi dah daki yag laein gk pa2kan?he he he

  38. priljunior 04/09/2010 at 10:09

    nyesel gitu loh…………….. and mudahan lawu tak ikuti sinabung, kira2 lawu type gunung api apa yoh, etam ndik tahu nich

  39. ima 30/10/2010 at 20:50

    enaknyaaaaaaaaa………..!

  40. zainul 06/12/2010 at 14:43

    di gunug wilis dri jalur kediri jg ad boz….

  41. dhiian 21/12/2010 at 22:00

    emm . di gunung gede jugga bnyak ttuh respberry ..

  42. khoililla 28/12/2010 at 10:11

    pengen muncak ke lawu, padahal orang bawah kaki lawu, tapi belum pernah muncak πŸ™

  43. MIFTAKHUL NIKMAH 07/09/2011 at 10:58

    he’em rasanya beda dengan yang lain,,,,,,,,,
    pa lg kmrin aku metik banyak, trus d campur ma MADU,,,,,,
    jan “JOOOZZZZZZZZZ”

  44. Yeni Setiawan » Camping Pertama Lumen 03/11/2014 at 19:04

    […] pos ini saya juga menemukan buah berry (entah jenis berry apa) yang pernah saya tulis di blog ini. Tak dinyana, Lumen sangat menyukai buah tersebut.Β Sayang […]

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>