sandalian.com


Berry jenis lain di Gunung Lawu

18 April 2008 16:05:00 WIB, under category Sejarah Keren

Berry liar di Gunung Lawu

Setelah kemarin saya menulis tentang Raspberry yang biasa saya temui di gunung-gunung yang pernah saya singgahi, kali ini saya akan bercerita tentang jenis berry lain yang saya temukan ketika jalan-jalan di Gunung Lawu tanggal 12-13 April kemarin. Di Gunung Lawu juga terdapat banyak raspberry namun kali ini saya ingin bercerita tentang berry lainnya saja. Maaf jika ukuran gambar terlalu besar, saya sudah berusaha mengecilkannya lho..

Berry jenis ini hanya saya temukan di antara Pos 1 dan Pos 2 di jalur pendakian Cemoro Sewu (Jawa Timur), mungkin juga ada di tempat lain yang saya tidak tahu. Saya ga tau ini jenis berry apa, tapi berry yang satu ini rasanya kurang begitu berair dan hanya terasa kecut/masam di dagingnya. Tidak ada cairan yang menyegarkan rongga mulut ketika di makan dan ukurannya bisa empat atau lima kali lipat ukuran buah raspberry dan berbentuk seperti strawberry.

Buah berry di pohon

Karena ukurannya cukup besar dan tidak begitu berair, saya rasa buah ini akan cukup membuat kita kenyang tanpa harus kembung. Tentu saja dengan catatan bahwa perut Anda tidak sensitif dan mampu menerima segala jenis makanan.

Ini berry jenis apa ya?

Dari empat gunung yang pernah saya singgahi (Merbabu, Lawu, Sindoro dan Sumbing) saya hanya menemukan jenis berry ini di Gunung Lawu. Maaf tangan saya di foto atas terlihat kotor, ga pake sarung tangan sih πŸ˜€

ladang berry Ajeng panen berry

Saya paling bahagia jika menemukan “ladang berry” ketika siang hari, karena saya bisa panen sepuasnya. Foto di atas adalah gambar “ladang berry” dan Ajeng yang sedang memetik berry langsung dari pohon kemudian langsung disantap. Sesekali kami juga gigit langsung dari pohonnya ha.ha.


44 Comments so far..

  1. pengki
    18 April 2008, 16:10:41 WIB

    wow, ladang raspberry.. :O
    itu jalannya emang batu2 yang disusun rata atau gimana sih jeng ?

  2. starboard
    18 April 2008, 16:12:03 WIB

    Aku juga nemuin berry jenis baru… namanya Berry Riyadi πŸ˜€ temenku

  3. eko
    18 April 2008, 16:50:02 WIB

    wah uenak tenan kih…

    “Sesekali kami juga gigit langsung dari pohonnya” kok terasa ada “makna” yang laen ya jeng…

  4. antobilang
    18 April 2008, 17:17:40 WIB

    [….Sesekali kami juga gigit langsung dari pohonnya ha.ha….]imajinatif dan insipartif. :mrgreen: (iya, tau. smiley ndak bakalan muncul)

  5. balibul
    18 April 2008, 17:58:55 WIB

    ajeng tuh sapa sih, disebut-sebut terus. jealous tau !

  6. zam
    18 April 2008, 18:17:48 WIB

    duh..

    ngeri..

    jadi inget jurang..

  7. boo
    19 April 2008, 13:00:46 WIB

    janji lempermu selalu kutunggu… :-”

    *iki lemper opo?*

  8. Jiban
    19 April 2008, 15:29:03 WIB

    edian marai pengen munggah gunung….
    jeng, tadi aku waktu ngeliat photo2 itu (belum baca sampe akhir) aku kira si presenter yang lagi makan itu, adalah orang yang ikutan gathering dwebber di jogja pas habis lebaran dulu πŸ˜€

  9. sluman slumun slamet
    19 April 2008, 21:40:43 WIB

    jadi pingin ke lawu lagi…
    terakir pas aku masih muda dulu…

  10. The Cosmo
    19 April 2008, 21:50:37 WIB

    Pengen…

  11. ngodod
    19 April 2008, 22:18:56 WIB

    di-deuce enak ga…? kekeke…..

  12. rd Limosin
    19 April 2008, 22:29:24 WIB

    oh… *berpikir memikirkan rasanya*

  13. kangdiman
    20 April 2008, 14:01:04 WIB

    heleh..kok dadi culliner dik..;) besok posting jenis2 kadal yang ada di
    gunung dik…;) hehehe…malah saya pernah nemu di semeru kadal pake
    tas backpack gede banget , pake slayer orange malah..dan cuma pake
    celana dalam…siapa dia ???

  14. bokapnya EL
    21 April 2008, 09:04:00 WIB

    jeng yen, kalo “ajeng”-nya di sebut terus entar ada yg patah hati loh

    *siyul-siyul sambil nglirik blog tetangga

  15. Riyogarta
    21 April 2008, 19:38:50 WIB

    Maaf tangan saya di foto atas terlihat kotor, ga pake sarung tangan sih πŸ˜€
    Wah .. emang baru pegang apaan bisa kotor begitu :p

  16. paydjo
    22 April 2008, 10:33:03 WIB

    di sekitar grojogan sewu banyak kok.
    kalo yg biasa kemping di kali soro pasti sering nemuin kayak gitu

    * pengin ikutan nggigit *

  17. morishige
    24 April 2008, 01:29:53 WIB

    ada buah gituan tho di lawu??
    :mrgreen:

  18. Esmeralda
    28 April 2008, 19:38:21 WIB

    *bunuh diri njegur kawah Lawu*

    *emang ono tah?* πŸ˜†
    *iya iya, tau… smiley ndak akan muncul*

  19. ulunk
    06 May 2008, 18:43:53 WIB

    mba ajeng…klo dri cemoro kandang [email protected] ga pohon berrynya???aq mw cobainhehehe

  20. pena pamungkas
    12 May 2008, 18:55:58 WIB

    Wah anda beruntung sekali, bisa memperoleh berry di gunung lawu. Waktu mahasiswa saya sering naik ke puncak lawu namun belum pernah menemukan buah berry. Paling banter cuma sempat lihat kancil melintas.

  21. khalil
    10 July 2008, 11:54:20 WIB

    mcam ke pasar baaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah ni asyik juga tuh

  22. khalil
    10 July 2008, 11:56:47 WIB

    klo mu naik gunung coba ke aceh sxx,,,,,,,,,,Ektrem baget men,mu coba kutungguin’ petualangan mu

  23. Iway
    05 September 2008, 17:11:46 WIB

    Wkt W ke Lawu Qo g nMuin buAh bErRy y,. W mLaH nMuiN cE yg mNdaKi sNdriAn Di Lawu..

  24. galing
    13 September 2008, 09:10:49 WIB

    wah klo gue sih sering liat tuh “berry”..tapi gak di gunung lawu tapi di layar lebar..namanya Berry Prima..dia jago lho

  25. dc_thenoe
    08 October 2008, 19:46:20 WIB

    kalo berry yang ku dapetin malahan lebih beda dari yang beda dan lebih unik lagi…
    punya bau khas yang susah dilupain..
    berry depok beib nama yang ku kasih
    dapet di gunung merapi jogja 2 minggu untuk slamanya…
    from depok

  26. WOKO
    07 February 2009, 13:20:41 WIB

    Wah,,jd kpingin naek lawu lg nich,,!!!:-) Udh 2x naek lawu g prnah ktmu raspbery..soalnya q naekny malem sich jd gelap dech…

  27. cha-cha
    01 March 2009, 16:09:00 WIB

    kalo di wonosobo si namanya ucen

  28. dodol
    13 April 2009, 14:25:30 WIB

    kalo di kampungku di ciamis namanya “arben”. dulu sih didepan rumah kakekku juga ditanam ginian. sekarang ditempat tertentu aja karena jaranga ada yg tanam lagi

  29. budi
    07 May 2009, 16:54:22 WIB

    klo lewat yang jalur candi cetho lebih banyak lagi karena jalurnya lebih alami.
    dulu makan ginian terus waktu survival!!!!

  30. Mariah
    09 June 2009, 18:29:10 WIB

    nyesel…
    dulu aq kira tu buah beracun…
    habis dulu mikirny tu gini: konyol bgt klo smp da brita “seorang mahasiswi tewas di lawu… gara2 makan berri liar…” huhuhu…

  31. uwew
    20 September 2009, 00:30:03 WIB

    alam jangan disakiti karena dia adalah takdir…salam rimba…uwew

  32. rizal
    19 October 2009, 19:07:31 WIB

    mau dong

  33. DAVID
    20 April 2010, 09:28:21 WIB

    AKU PERNAH MAKAN BERY ITU WAKTU NAIK G.LAWU RASA NYA ASEM2 MANIS…JADI INGAT DULU AJA

  34. yota nur kholis
    27 June 2010, 16:34:05 WIB

    ketika anda berkata hanya menemukan berry di gunung lawu.. aku juga menemukan buah berry di gunung merbabu.. memang gak begitu bnyak phon berry yg sya jumpai..hanya 1x sya jumpai dan saya sempet mencicip buah na..bentuk buah na sama persis yg ada di fto anda di atas..

  35. Yeni Setiawan
    28 June 2010, 20:10:53 WIB

    @Yota
    Berarti Anda beruntung Mas. Saya mencoba mencari-cari pas di Merbabu nemunya hanya raspberry saja hehe.

  36. NadNad
    09 August 2010, 10:30:34 WIB

    Mbak…

    Itu arbei.. banyak kok di puncak :)… Di rumahku daerah cimacan, kami dulu punya 3 pohonnya..dalemnya kopong tho.. πŸ˜‰ seru iihh

  37. priljunior
    04 September 2010, 10:01:06 WIB

    aduh neyel decxh belon sempet daki lawu, tapi dah daki yag laein gk pa2kan?he he he

  38. priljunior
    04 September 2010, 10:09:55 WIB

    nyesel gitu loh…………….. and mudahan lawu tak ikuti sinabung, kira2 lawu type gunung api apa yoh, etam ndik tahu nich

  39. ima
    30 October 2010, 20:50:52 WIB

    enaknyaaaaaaaaa………..!

  40. zainul
    06 December 2010, 14:43:21 WIB

    di gunug wilis dri jalur kediri jg ad boz….

  41. dhiian
    21 December 2010, 22:00:06 WIB

    emm . di gunung gede jugga bnyak ttuh respberry ..

  42. khoililla
    28 December 2010, 10:11:50 WIB

    pengen muncak ke lawu, padahal orang bawah kaki lawu, tapi belum pernah muncak πŸ™

  43. MIFTAKHUL NIKMAH
    07 September 2011, 10:58:44 WIB

    he’em rasanya beda dengan yang lain,,,,,,,,,
    pa lg kmrin aku metik banyak, trus d campur ma MADU,,,,,,
    jan “JOOOZZZZZZZZZ”

  44. Yeni Setiawan » Camping Pertama Lumen
    03 November 2014, 19:04:37 WIB

    […] pos ini saya juga menemukan buah berry (entah jenis berry apa) yang pernah saya tulis di blog ini. Tak dinyana, Lumen sangat menyukai buah tersebut.Β Sayang […]

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>