Instalasi Yang Ribet

June 14, 2013 | Komputer

Beberapa bulan yang lalu, laptop yang saya beli sekitar tahun 2008 mengalami kerusakan pada harddisk untuk kedua kalinya. Kemudian saya memutuskan untuk menggantinya dengan kartu Compact Flash (CF card) –yang biasanya digunakan di kamera DSLR Canon (CMIIW)– sebagai pengganti harddisk-nya.

Opsi ini saya ambil mengingat laptop tersebut masih menggunakan antarmuka IDE dan sudah semakin susah dicari di pasaran (mungkin juga tambah mahal) karena sekarang beralih ke antarmuka SATA.

Teknik seperti ini biasanya disebut sebagai poorman’s SSD, atau versi kere/miskin dari SSD (Solid State Disk).

Permasalahan kedua yang muncul adalah CDROM sudah tidak berfungsi dan laptop belum mendukung booting dari USB. Sebelumnya sudah mencoba cloning tetapi selalu gagal.

Maka pilihan terakhir saya adalah menginstal DOS di dalam kartu CF tersebut dan mengkopi file-file instalasi Windows ke dalamnya. Selanjutnya dari DOS saya akan menjalankan instalasi OS Windows tersebut.

Perkembangan keberhasilan maupun kegagalan instalasi tersebut akan saya tulis kembali di blog ini, sabar ya 😀

1 comment

This post has one comment

  1. sandalian dot net » SSD versi kere 24/02/2014 at 02:15

    […] tentang penggunaan kartu compact flash (CF) yang biasa digunakan di beberapa kamera, sebagai SSD versi kere (Poorman’s […]

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>