sandalian.com


Bawa-bawa nama leluhur

30 May 2008 05:47:27 WIB, under category Sejarah Keren

Baru saja saya lihat di televisi tentang penggusuran rumah di Tuban, Jawa Timur dan ditampilkan reaksi tergusur yang mengamuk dan berteriak-teriak sekencangnya karena tidak terima rumahnya digusur:

Aku ora terima omahku digusur! Iki lho sing arep mbok adepi! Aku, putune Mbah ****

Yang kurang lebih artinya “Saya tidak terima rumah saya digusur! Ini lho orang yang akan Anda hadapi! Saya, cucunya Mbah ***” (maaf saya lupa nama Mbah yang disebutkan).

Kemudian saya teringat fenomena yang hampir sama di dekat tanah kelahiran saya, tepatnya di Desa Selo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan.Dahulu kala, penguasa Desa Selo yang bergelar Ki Ageng Selo tersebut mempunyai kesaktian yaitu bisa menangkap kilat/petir. Suatu hari dia menangkap petir yang hampir menyambarnya dan kemudian petir tersebut beliau ikat di pohon Gadri/Gandrik.

Nah, di jaman sekarang masih lazim ditemukan orang-orang tua yang akan berteriak “Gandrik! Aku putune Ki Ageng Selo!” ketika kilat menyambar dengan tujuan agar kilat/petir tersebut menjauhinya.

Tapi ternyata bukan hanya kita yang bawa-bawa nama leluhur kita kok. Jika Anda pernah membaca komik Detektif Kindaichi maka Anda akan menemukan betapa seringnya Kindaichi berkata bahwa dia akan menyelesaikan suatu kasus demi menjaga nama baik kakeknya yang seorang detektif juga, Kousuke Kindaichi.

Kembali ke cerita Ki Ageng Selo di atas, pohon Gandrik yang pernah digunakan untuk mengikat petir sampai kini masih berdiri di depan komplek makam Ki Ageng Selo (paling tidak beberapa tahun yang lalu, ketika saya kesana pas kelas enam SD :D)

Soal menangkap petir itu, Anda boleh percaya namun juga boleh tidak percaya. Bukankah secara umum bangsa ini adalah bangsa yang terlalu mudah untuk percaya dan sebaliknya juga terlalu mudah untuk tidak percaya? Padahal Imam Ghazali pernah berkata bahwa keraguan itu awal dari iman. Karena ketika ragu kita akan mencari kebenaran dari hal yang kita ragukan tersebut. 🙂


18 Comments so far..

  1. admin
    30 May 2008, 07:03:14 WIB

    Cerita Ki Ageng Selo bisa dilihat di http://www.grobogan.com/?Sejarah:Legenda:Ki_Ageng_Sela

  2. detnot
    30 May 2008, 08:30:03 WIB

    asyik di paragraph akhir nama si El di bawa2 >:D<

  3. starboard
    30 May 2008, 10:09:29 WIB

    Kamu ya jangan macem-macem Yen… aku iki putune Mbah Ableh! hehehehhe

  4. funkshit
    30 May 2008, 10:49:07 WIB

    “kamu jangan macam2.. saya temennya sandalian”
    klo kaya gitu kira2 ngefek ngga ???

  5. funkshit
    30 May 2008, 10:50:26 WIB

    eh kang.. saya buka pake opera 9.23 resolusi 1024×768 , side barnya turun.. ngga pada tempat yang semestinya ..

  6. ayahshiva
    30 May 2008, 10:50:49 WIB

    yah emang sperti itulah indonesia

  7. funkshit
    30 May 2008, 10:52:33 WIB

    eh… yang trackback itu ajarin dunks:D:D
    sandal pink nya ilaangg . .. .
    *sekalian hetrik

  8. jaka
    30 May 2008, 11:02:49 WIB

    putune mbah marijan

  9. goop
    30 May 2008, 14:06:52 WIB

    jadi teringat “mikul dhuwur mendhem jero” apa dalam rangka ini yak?
    eh iyo, setuju sama pangsit, sidebarnya kok gitu yak?

  10. tantos
    30 May 2008, 17:47:17 WIB

    aku putune mbah Harto!

  11. pengki
    30 May 2008, 23:58:34 WIB

    mungkin itu jadi bukti kentalnya ‘kekeluargaan’ jaman dulu jeng.
    sing penting aku putune mbahku, anak’e mbokku! 😀

  12. pengki
    30 May 2008, 23:59:47 WIB

    nganu jeng, tombol oh Yes! nya kurang lengkap.. ngga sekalian ditambahin oh No! ?

    ** dibalang sandal **

  13. nothing
    31 May 2008, 01:42:45 WIB

    sampeyan yo nontok tipi juga toh.. hehe

  14. Esmeralda
    08 June 2008, 04:45:45 WIB

    kalo Naruto suka bawa bawa nama leluhur ndak?
    secara dia juga dicurigai sebage orang aseli Indonesia (atau malah Suriname?) dan sekarang dia senegara sama Kindaichi *mbuh, hubungane opo 😐 *

  15. paydjo.Net
    10 June 2008, 09:38:13 WIB

    bukane petir sing di cekel ki ageng selo ditempelke no lawang sing no masjid demak ?

    * rodo lali *

  16. Follow me not! » Pendahulu dan Penerusnya
    16 July 2008, 00:55:14 WIB

    […] Ki Ageng Selo yang terkenal karena kesaktiannya sehingga mampu menangkap petir dan mengikat petir tersebut di dahan pohon Gandrik ternyata juga mempunyai sisi cerita menarik yang […]

  17. enrorbkella
    04 March 2010, 19:48:13 WIB

    http://gameengraver.blogspot.com/2010/03/energized-video-defuse.html

    fun

    great

    best

    videos

    downloads.

  18. enrorbkella
    05 March 2010, 09:26:53 WIB

    http://affectingmidstream.blogspot.com/2010/03/midstream-dignified.html

    game top game top best.

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>