Bawa-bawa nama leluhur

May 30, 2008 | Sejarah Keren

Baru saja saya lihat di televisi tentang penggusuran rumah di Tuban, Jawa Timur dan ditampilkan reaksi tergusur yang mengamuk dan berteriak-teriak sekencangnya karena tidak terima rumahnya digusur:

Aku ora terima omahku digusur! Iki lho sing arep mbok adepi! Aku, putune Mbah ****

Yang kurang lebih artinya “Saya tidak terima rumah saya digusur! Ini lho orang yang akan Anda hadapi! Saya, cucunya Mbah ***” (maaf saya lupa nama Mbah yang disebutkan).

Kemudian saya teringat fenomena yang hampir sama di dekat tanah kelahiran saya, tepatnya di Desa Selo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan.Dahulu kala, penguasa Desa Selo yang bergelar Ki Ageng Selo tersebut mempunyai kesaktian yaitu bisa menangkap kilat/petir. Suatu hari dia menangkap petir yang hampir menyambarnya dan kemudian petir tersebut beliau ikat di pohon Gadri/Gandrik.

Nah, di jaman sekarang masih lazim ditemukan orang-orang tua yang akan berteriak “Gandrik! Aku putune Ki Ageng Selo!” ketika kilat menyambar dengan tujuan agar kilat/petir tersebut menjauhinya.

Tapi ternyata bukan hanya kita yang bawa-bawa nama leluhur kita kok. Jika Anda pernah membaca komik Detektif Kindaichi maka Anda akan menemukan betapa seringnya Kindaichi berkata bahwa dia akan menyelesaikan suatu kasus demi menjaga nama baik kakeknya yang seorang detektif juga, Kousuke Kindaichi.

Kembali ke cerita Ki Ageng Selo di atas, pohon Gandrik yang pernah digunakan untuk mengikat petir sampai kini masih berdiri di depan komplek makam Ki Ageng Selo (paling tidak beberapa tahun yang lalu, ketika saya kesana pas kelas enam SD :D)

Soal menangkap petir itu, Anda boleh percaya namun juga boleh tidak percaya. Bukankah secara umum bangsa ini adalah bangsa yang terlalu mudah untuk percaya dan sebaliknya juga terlalu mudah untuk tidak percaya? Padahal Imam Ghazali pernah berkata bahwa keraguan itu awal dari iman. Karena ketika ragu kita akan mencari kebenaran dari hal yang kita ragukan tersebut. 🙂

18 comments

This post has 18 comments, amazing!

  1. admin 30/05/2008 at 07:03

    Cerita Ki Ageng Selo bisa dilihat di http://www.grobogan.com/?Sejarah:Legenda:Ki_Ageng_Sela

  2. detnot 30/05/2008 at 08:30

    asyik di paragraph akhir nama si El di bawa2 >:D<

  3. starboard 30/05/2008 at 10:09

    Kamu ya jangan macem-macem Yen… aku iki putune Mbah Ableh! hehehehhe

  4. funkshit 30/05/2008 at 10:49

    “kamu jangan macam2.. saya temennya sandalian”
    klo kaya gitu kira2 ngefek ngga ???

  5. funkshit 30/05/2008 at 10:50

    eh kang.. saya buka pake opera 9.23 resolusi 1024×768 , side barnya turun.. ngga pada tempat yang semestinya ..

  6. ayahshiva 30/05/2008 at 10:50

    yah emang sperti itulah indonesia

  7. funkshit 30/05/2008 at 10:52

    eh… yang trackback itu ajarin dunks:D:D
    sandal pink nya ilaangg . .. .
    *sekalian hetrik

  8. jaka 30/05/2008 at 11:02

    putune mbah marijan

  9. goop 30/05/2008 at 14:06

    jadi teringat “mikul dhuwur mendhem jero” apa dalam rangka ini yak?
    eh iyo, setuju sama pangsit, sidebarnya kok gitu yak?

  10. tantos 30/05/2008 at 17:47

    aku putune mbah Harto!

  11. pengki 30/05/2008 at 23:58

    mungkin itu jadi bukti kentalnya ‘kekeluargaan’ jaman dulu jeng.
    sing penting aku putune mbahku, anak’e mbokku! 😀

  12. pengki 30/05/2008 at 23:59

    nganu jeng, tombol oh Yes! nya kurang lengkap.. ngga sekalian ditambahin oh No! ?

    ** dibalang sandal **

  13. nothing 31/05/2008 at 01:42

    sampeyan yo nontok tipi juga toh.. hehe

  14. Esmeralda 08/06/2008 at 04:45

    kalo Naruto suka bawa bawa nama leluhur ndak?
    secara dia juga dicurigai sebage orang aseli Indonesia (atau malah Suriname?) dan sekarang dia senegara sama Kindaichi *mbuh, hubungane opo 😐 *

  15. paydjo.Net 10/06/2008 at 09:38

    bukane petir sing di cekel ki ageng selo ditempelke no lawang sing no masjid demak ?

    * rodo lali *

  16. Follow me not! » Pendahulu dan Penerusnya 16/07/2008 at 00:55

    […] Ki Ageng Selo yang terkenal karena kesaktiannya sehingga mampu menangkap petir dan mengikat petir tersebut di dahan pohon Gandrik ternyata juga mempunyai sisi cerita menarik yang […]

  17. enrorbkella 04/03/2010 at 19:48

    http://gameengraver.blogspot.com/2010/03/energized-video-defuse.html

    fun

    great

    best

    videos

    downloads.

  18. enrorbkella 05/03/2010 at 09:26

    http://affectingmidstream.blogspot.com/2010/03/midstream-dignified.html

    game top game top best.

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>