Sejarah Keren

Bahasa dan Aksara Para Dewa

Saudara-saudari sekalian, kali ini saya akan mencoba menulis tentang bahasa-bahasa dan aksara-aksara di masa lalu, yang konon kabarnya merupakan bahasa/aksara para dewa. Perlu saya tekankan bahwa semua ini berdasar penelitian ngawuriah saya.

Yang pertama adalah bahasa yang digunakan di Mesir kuno. Konon kabarnya tulisan hieroglip itu hanya mengenal huruf konsonan saja. Yang membuat rentetan kata-kata tersebut bisa dipahami adalah simbol yang mengikutinya.

Misalkan rangkaian huruf KCNG, jika di belakangnya terdapat gambar tumbuhan maka akan dibaca KACANG sedangkan jika diikuti dengan gambar hewan maka akan menjadi KUCING.

Hampir mirip adalah aksara Jawa. Aksara jawa kuno kabarnya hanya mengenal huruf a saja, jadi hanya ha na ca ra ka dan seterusnya. Penambahan vokal aiueo dilakukan sejak kedatangan Aji Saka ke tanah Jawa.

Saya termasuk orang yang percaya bahwa bukan Aji Saka yang membuat aksara Jawa. Dia baru datang dari India, masak ujug-ujug membuat bahasa baru? Misalnya Anda pindah ke suatu tempat baru, apakah Anda akan menggunakan bahasa sehari-hari Anda ataukah akan memilih membuat bahasa/aksara baru?

Dengan cara tersebut maka tak heran jika kita temukan literatur baik lisan maupun tulisan yang menyebut Jibril sebagai Jabarala, Mikail sebagai Makahala, Izrail sebagai Hajarala dan lainnya.

Eh tunggu, hal ini mirip juga dengan tulisan Kana di Jepang, di mana tak ditemukan huruf konsonan mati. Misalnya, setahu saya, basket ditulis sebagai basuketo.

Hal-hal seperti ini sungguh menarik perhatian saya. Ini benar-benar hal yang luar biasa bila bisa kita temukan benang merahnya.

Seringkali saya kesal dengan orang-orang di jaman dulu, kenapa juga mereka tidak ngeblog sehingga saya tidak perlu repot-repot mengadakan riset tidak jelas seperti ini. Kalau saja mereka ngeblog, pastilah jaman sekarang saya bisa membuat candi yang gambarnya tidak hanya lingga dan yoni 😀

18 Comments

  1. Petromaxxx !!!
    Huruf jepang ad konsonannya mas, tapi cuma 1, yaitu “N” tapi saya percaya ngawuriahnya kok 😛

  2. Keduax !!!
    Kalau ngeblog udah dari dulu,
    Ada berapa milyar blog yang nangkring di ranah blog.

    Mungkin dulu belum ada Hotspot
    *Bayangin*

  3. njrit, sing dieling2 kok ya lingga & yoni… [-(

  4. yg unik itu adalah kemunculan bahasa… yak apa dulu model prototip bhs dlm kata2 awal yg muncul ya… ga bisa mbayangin

  5. Iya yen… harusnya kamu sudah lahir dari dulu, jaman Aji Saka.

    jadi sekarang kamu bisa di kenal jadi Bapak Blog Jawa 😀

  6. Nambah Yen :

    Bahasa bahasa Rusia Yo. Aku gek pengin njenengke anaku rodo ke rusia atau daerah kono sekitar. Tapi aku rak mudeng tulisan Rusia 😀

  7. dulu pasti sdh ada blog ndal … tp lewat dunia moksa 😛

  8. zam

    bahasa ah-uh-ah-yes-oh-god-ooh-oh sudah ada dari dulu dan masih dipake sampe sekarang.. 😀

  9. linoxs

    @zam,
    berdasarkan literatur stensilan jaman dulu seharusnya begini mas :
    “agh-ouh-awh-inggih-owh-gusti-oowh-ogh

  10. udah mau merambah jadi programer bahasa ‘dewa’ jeng?

    *pasti udeh bosen ama bahasa php 😀

  11. di susun dengan rapi bos, kasih ke esia tuh yg ngasih trik sms konsonan smua 😀

  12. yen kowe sing nggawe candi, gambare mesti maria orizawa yo? dewi kesuburan dan kemakmuran *benwit*

  13. karmamu wis bagian html dan css ae, jadi ga perlu penelitian bahasa liyane, ndal 😀

  14. kalo ada tulisan SNDL trus gambarnya kamu bacanya gimana

  15. hayyah…jangan bilang karena postingan ini dikau mau berpindah profesi…

    *jadi tukang sendal*

    ups…

    *jadi arkeolog/ahli bahasa*

    hmmm…boljug…tuh!

  16. JNCK enaknya dibaca apa yah 😀

  17. bar munggah soko sukuh-cetho po?
    lha kok kelingane lingga yoni 😀

  18. ah, apakah ini sekuel dari Naruto yang berasal dari jawa itu Hun?

Leave a Reply