Ganti frame atau ganti tenda?

June 11, 2015 | Gak Penting | , , , , , , ,

Tenda Lafuma Summertime ini saya beli sekitar 4-5 tahun yang lalu dan masih bertahan dengan baik hingga saat ini. Kualitasnya sangat memuaskan namun ada satu hal yang mengganggu, yaitu bobotnya mencapai 4.4-4.5 kilogram.

Lafuma Summertime 3/4

Untuk pendakian/camping rombongan, komponen tenda bisa dipecah menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dibawa oleh masing-masing peserta. Tapi kalau untuk camping keluarga, apa iya si bayi disuruh bawa-bawa frame tenda? 😀

Setelah melakukan beberapa riset *halah*, saya menemukan beberapa toko yang menjual frame dari bahan alumunium yang lebih ringan untuk menggantikan frame bawaan tenda yang terbuat dari serat fiber (berat).

Dengan mengganti frame dari bahan fiber ke bahan alumunium kemungkinan bobotnya akan berkurang cukup banyak. Selain frame, pasak bawaan tenda yang terbuat dari besi akan saya ganti juga dengan pasak aluminium yang jauh lebih ringan.

Lalu saya berpikir ulang, apakah penggantian frame dan tenda nantinya akan memberikan pengurangan bobot yang signifikan? Jadilah tadi malam saya sibuk menimbang-nimbang tenda dan segala perlengkapannya.

berat-tenda-dan-manusia

Jangan ketawa liat gambarnya ya. Saya terpaksa ikut menimbang badan karena di rumah adanya hanya timbangan badan dan tidak bisa digunakan untuk menimbang bobot tenda saja 😀

Item Bobot (kg)
Tenda lengkap 4.4
Frame (3x) 1.1
Pasak (10x) 0.6
Sheet 2.5

Wah ada angka 200 gram yang ilang, abaikan saja bobot tenda lengkapnya deh. Sekarang mulai berhitung:

Bobot frame berbahan fiber (3 batang) dan pasak besi sekitar 1.7 kilogram. Sedangkan bobot frame alumunium untuk 3 batang adalah 240 gram x 3, sekitar 0.7 kg. Lalu bobot untuk pasak alumunium (10 batang) kurang lebih 100 gram. Totalnya kurang lebih 0.8 kilogram.

Dengan hanya mendapatkan penghematan 0.9-1 kg, apakah mengeluarkan uang kurang lebih 400 ribu untuk penggantian frame dan pasak menjadi aluminium tersebut layak?

Kok kayaknya mending ganti tenda aja ya? Ada saran tenda apa yang cukup oke untuk digunakan bertiga? Oke di sini dalam artian bobotnya ringan, saat digunakan kerasa lega, dan harganya tidak terlalu mahal.

 

No comment

This post has no comments, you can be the first!

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>