Memasang Antena RadarBox24

December 20, 2016 | Ngoprek | , , ,

Beberapa bulan yang lalu saya mendaftar ke radarbox24.com untuk dikirimi perangkat feeder dan ternyata disetujui. Dalam beberapa hari, perangkat feeder telah sampai ke rumah saya.

Perangkat yang dikirimkan adalah sebagai berikut:

  • RadarBox (komputer kecil yang dibuat khusus)
  • Kabel mini USB dan power adapter 2A
  • Kabel LAN
  • Antena omni

Fungsi dari RadarBox ini adalah menangkap gelombang ADS-B yang dipancarkan oleh pesawat komersial yang melewati area tertentu di tempat antena dipasang.


Informasi yang bisa dibaca dari gelombang yang dipancarkan pesawat tersebut antara lain kode penerbangan, jenis pesawat, geolokasi, ketinggian, dan kode squawk.

Informasi ini selanjutnya akan dikirimkan ke server RadarBox24 melalui internet dan nantinya tampil di website dan aplikasi RadarBox24 yang bisa diinstal di smartphone maupun tablet.

Jika Anda pernah menggunakan aplikasi “pelacak pesawat” seperti Flightradar24, dari feeder seperti yang saya terimalah data tentang pesawat tersebut mereka dapatkan.

Singkat cerita, antena sudah berhasil saya pasang dan perangkat sudah saya nyalakan.

Perangkat RadarBox24 tersambung ke internet menggunakan router TP-Link yang telah saya instal OpenWRT dan sebuah smartphone Android jadul sebagai access point.

Namun ternyata hasilnya masih kurang maksimal. Coverage antena saat ini hanya mencapai 130-an nautical mile sedangkan normalnya bisa mencapai 250-an nautical mile (meng-cover seluruh Pulau Jawa).

radarbox24-coverage-area

Berarti masih ada pe-er untuk menambah ketinggian antena karena ternyata rumah saya berada di posisi paling rendah di antara rumah-rumah tetangga lainnya.

Selain itu masih ada kendala lain juga, entah kenapa perangkat RadarBox ini sering error dan harus di-reboot.

Padahal komputer radarbox dan router ini saya letakkan di dekat atap (agar tidak mengganggu pemandangan) sehingga saya harus mencari pinjaman tangga dulu hanya untuk me-reboot 😅

6 comments

This post has 6 comments, unbelievable!

  1. Adham Somantrie 20/12/2016 at 16:00

    Jangan lupa penangkal petirnya.

  2. Yeni Setiawan 20/12/2016 at 16:41

    @Adham
    Iya, agak males masang tinggi karena kudu pasang penangkal petir. Tapi kalau cuma segini coverage-nya mentok 🙁

  3. @_mizan 20/12/2016 at 18:10

    Kemarin sempat apply juga, tapi ditolak karena coverage sudah cukup.

  4. JUAN 29/12/2016 at 21:53

    Does the VHF work for you?

  5. JUAN 29/12/2016 at 21:55

    The antenna has a factory problem, I have tested with a 1090 filter and the results are amazing increases the coverage

  6. Memindah Feeder Radarbox – sandalian.com 03/02/2017 at 12:48

    […] yang pernah saya tulis sebelumnya, saya mendapatkan feeder dari RadarBox untuk saya pasang di rumah. Namun jangkauannya tidak maksimal karena posisi geografis rumah yang […]

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>