Cara mudah membersihkan virus di komputer

April 21, 2015 | Komputer | , , , , , ,

virus illustrated

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, virus adalah suatu hal yang niscaya akan Anda temukan dalam pemakaian komputer sehari-hari. Memiliki antivirus yang selalu diperbarui memang akan membantu, tetapi ada kalanya muncul virus baru yang belum dikenali oleh antivirus yang Anda gunakan.

Apa yang harus Anda lakukan jika sewaktu-waktu virus muncul di komputer Anda? Jangan panik, saya akan bercerita sedikit pengalaman saya dalam membereskan virus. Sekarang sih sudah jarang berurusan dengan virus sejak menggunakan Elementary OS.

Langkah awal, identifikasi file virus

Saat Anda menemukan gejala adanya virus di komputer Anda, segera cari salah satu file yang Anda duga terinfeksi virus. Hal ini untuk memudahkan kita dalam mengenali virus apa yang masuk ke komputer Anda.

Gejala-gejala adanya virus di komputer Anda antara lain adalah:

  • Saat Anda tekan tombol Ctrl+Alt+Del, task manager tidak mau muncul.
  • Saat Anda jalankan regedit, tidak terjadi apa-apa.
  • Ada file asing yang tiba-tiba muncul di flashdisk saat ditancapkan ke colokan USB.
  • Perilaku komputer menjadi aneh.

Adapun untuk file yang perlu dicurigai adalah file-file yang tiba-tiba muncul di tempat tertentu. Cara paling mudah adalah dengan menancapkan flashdisk ke dalam colokan USB, biasanya virus di komputer akan menggandakan dirinya ke dalam flashdisk tersebut.

Kenali virusnya

Setelah mendapatkan file yang terduga mengandung virus, buka browser favorit Anda dan kunjungi website Virus Total yang beralamat di http://www.virustotal.com lalu upload file asing yang tiba-tiba muncul di flashdisk tersebut.

Selanjutnya Virus Total akan melakukan scanning menggunakan puluhan antivirus yang mereka miliki dan akan memberitahukan hasilnya di layar.

screenshot of virus total online virus scanning

Biasanya akan ada beberapa antivirus yang tidak mendeteksi file yang Anda upload sebagai virus, namun beberapa antivirus lain akan mengenalinya sebagai virus (meskipun dengan nama berbeda).

Catat nama-nama antivirus yang berhasil mendeteksi tersebut.

Hajar bleh!

Langkah terakhir tentu saja membasmi virus tersebut sampai ke akar-akarnya. Unduh dan install antivirus yang berhasil mengenali file yang Anda upload tersebut sebagai virus dari website resminya, jangan dari torrent atau layanan berbagi file warez karena bisa jadi Anda akan menambah koleksi virus di dalam komputer 😀

Sebaiknya matikan/uninstall dahulu antivirus yang saat ini terpasang di komputer Anda agar tidak mengalami konflik batin. Jika antivirus yang akan Anda unduh berbayar, carilah versi trial/ujicoba karena hanya akan digunakan sekali saja untuk membersihkan virus.

Lakukan pembersihan menggunakan antivirus tersebut dan tunggulah sampai prosesnya selesai. Jangan lupa berdoa agar tidak ada file penting yang rusak. Ada kalanya beberapa file mengalami kerusakan dan tidak bisa diperbaiki oleh antivirus, hal ini adalah wajar mengingat tidak semua antivirus bisa menyembuhkan file yang rusak karena virus.

Penutup

Setelah virus di komputer Anda bersih, ada baiknya Anda “menyumbangkan” file virus tersebut ke pembuat antivirus favorit Anda. Anda bisa menemukan cara mengirim file virus tadi dari website pembuat antivirus tersebut. Mereka akan dengan senang hati menerimanya untuk memperkaya database virus di produk mereka.

3 comments

This post has 3 comments, incredible!

  1. q.thrynx 21/04/2015 at 13:50

    kalo virusnya ngeblok situse virus total njur piye?

    Sebenarnya ada cara yang lebih gampang.. Yaitu: serahkan pada om Sandalian saja. Terima beres. 😀

  2. Yeni Setiawan 23/04/2015 at 12:23

    Wahaha iya Mas, serahin ke aku aja, sekalian laptopnya juga 😛

  3. Tantos 28/04/2015 at 23:44

    Om Yeni pancen ngenee

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>