Relativitas kecantikan atau nggragas?

suit suit..

Dulu ketika masih kecil saya punya semacam kriteria untuk kecantikan seorang perempuan, bahwa perempuan yang cantik itu harus memenuhi kriteria x, y dan z. Jadi jika ada seorang perempuan yang tidak masuk dalam kriteria maka dia akan saya anggap tidak menarik.

Seiring bertambahnya umur kemudian saya menyadari bahwa semua jenis perempuan dalam tampang apapun ternyata memiliki daya tarik dan kecantikan dalam versi mereka masing-masing. Dan akhirnya muncul kesimpulan bahwa semua perempuan itu menarik.

Lalu tiba-tiba muncul pertanyaan dalam hati saya. Saya menganggap semua perempuan adalah cantik dan menarik itu merupakan suatu bentuk kedewasaan saya ataukah karena saya menjadi nggragas?

Nggragas itu Bahasa Jawa yang artinya doyan segala macam tanpa mempedulikan baik enggaknya.

40 Comments

Add yours

  1. Pertamax!
    Tulisan di atas dalam konteks kecantikan fisik yang terlihat oleh mata, bukan berdasar sifat dan kelakuan.

  2. …ngakak…

    sek…sek…sek… di jlentrehno sek kang,
    – tadinya cuma berselera dengan perempuan berkretiria x, y dan z
    – lalu semua perempuan dengan segala versi kecantikan mereka
    – ditambah laki-laki yg menarik minat sampeyan

    …nek kuwi asli nggragas kang…

    :D:D:D

  3. Semua perempuan memang memiliki daya tarik tersendiri, tergantung bagaimana cara ependi kita memandangnya…

  4. ho ho kamu sudah tercerahkan ndal… ajarin dong gmn caranya untuk sampai ke tahapan itu? ๐Ÿ™‚

  5. setubuh ama maz boooooooooooooooooooooooo……….

  6. ternyata kamu doyan segala gender…

    *salah pokus*

  7. kapan aku kebagian kang….

  8. Sameen Al-Bantani

    09/03/2008 — 17:27

    Waah waah waah!!Jebule awit biyen tekan saiki sampeyan isih Nggerakgass tho kang!!

  9. Mungkin karena kamu udah sering ditolak Ndal, jadi standarmu udah turun.

  10. nggragas, dan pasrah kali ya.. =))

  11. hmmm…kesadaran yg terlambat, tapi masih lebih baik daripada tidak sama sekali ๐Ÿ˜‰

  12. Bila umur bertambah, maka standar berkurang.
    Begitukah? ๐Ÿ˜‰

  13. mungkin bukan nggraga, ndal. barangkali itu cuma satu bentuk kepasrahan. ๐Ÿ˜€

  14. bukan pembenaran diri kan??? hehehehe….

  15. menurut ane sih krn bertambahnya umur Om, jadi menilai lawan jenis bukan krn fisik semata.

    btw, ini ngumungin sainganya aj**g ya Om :-”

    ***siyul-siyul

  16. Semua perempuan menarik, ya ya tapi pastikan kita TIDAK sedang ketemu wadam (hawa setengah adam)

  17. nggragas = doyan apa aja.
    jangan sampek doyan sesame ye… ๐Ÿ˜€

  18. haha…nggragas, lihat bentuk apapun?

  19. Sing penting isih doyan karo lawan jenis wae ๐Ÿ™‚ Perkoro nggragas opo orane iku tergantung carane mangan, yen karo kulite yo nggragas jenenge.

  20. critanya kamu mau obral nih, Ndal? ๐Ÿ˜›

  21. wah setuju banged dgn kata-2 ini : semua perempuan itu menarik.
    ๐Ÿ™‚

  22. Hendri Nugraha

    10/03/2008 — 14:48

    weks…..

  23. -standing applause-
    ada kemajuan, hihi…

  24. anu, mas dab…
    dulu waktu saya baru pindah ke jokja saya juga nggumun, kok skrg saya jadi gampang naksir cewek? rasanya malah jadi kayak nggak bisa seselektif waktu di denpasar. jebulnya memang karena di jokja jenis2 cewek cantiqnya lebih banyak ketimbang di denpasar. maka pacar saya di udik alhasil jadi terlupakan…

  25. intinya sampeyan itu skrg nggragas kang

  26. wah… ndak bermaksud ngobral tho?! :p

    *kabuur sebelum dilempar sendal*

  27. Mboleh..ndak papa..
    asal belum sampai taraf menganggap semua pria cantik juga..
    ๐Ÿ˜†

  28. mereka memang memiliki karunia sendiri-sendiri dari sang pencipta…
    subhanallah…

  29. @jiban
    maksud sampeyan para wanita itu kan jeng?

    ***sekedar memastikan
    *****siyul2

  30. menurutku bagian tubuh wanita yg bisa menarik adalah tangan, kalau bagian kaki itu untuk nendang
    *ga nyambung*

    @bokapnya El
    *sambil berbisik*
    jiban tuh cewek yah ???

  31. jadi tomat mana yg sudah jadi korban sampeyan?!? ๐Ÿ˜›

  32. bukan nggragas, tapi pasrah, ndal ๐Ÿ˜›

  33. sing pasti nek ayu kuwi relatif tapi nek elek kuwe mutlak ndal…

  34. nunut kepingkel2 baca komen #34 :))

  35. hahahaha… kurang lebih semakin kesini semakin tolelir dunk yah ๐Ÿ˜€

    salam kenal bos

  36. Ha3x. Ya emang relatif, tapi tetep aje harus ada kriteria. Masak mau sama embah-embah. ha3x, secara kan mereka juga perempuan

    nek fisik se…. asal sedap dipandang okeh tugh ๐Ÿ˜€

  37. Pilihannya tambahin satu deh: nggragas, pasrah atau putus asa… ๐Ÿ˜€

  38. Pantessssss….

    Rupanya gagasan itu yang membuat pria2 beristri suka main comot aja, gak peduli mo cakep apa enggak yang penting namanya PEREMPUAN… hajarrrrr… ๐Ÿ™‚

Leave a Reply