Mungkin Anda-Anda sekalian sudah pernah membacanya, namun sengaja artikel berisi perbandingan bahasa-bahasa ras Austronesia ini saya simpan di del.icio.us agar saya selalu mengingatnya dan berpikir kembali: kenapa mereka mirip?

Terjadinya kemiripan dalam pengucapan angka satu sampai sepuluh yang dialami oleh bahasa lokal di Hawai, Jawa, Sunda, Toraja, Bali, Maori, Kiribati dan lain-lain tentu saja bukan suatu kebetulan. Bisa jadi sebenarnya mereka berasal dari satu induk yang sama. Bisa jadi kesekian banyak bangsa itu berasal dari satu daratan yang sama. Yang entah oleh sebab apa kemudian mereka merantau dan terpisah-pisah ratusan bahkam ribuan kilometer.

Dalam sejarah agama-agama Samawi, selalu diceritakan bahwa nenek moyang mereka berasal dari Nabi Ibrahim. Maka saya berandai-andai bahwa penghuni Nusantara ini bisa jadi adalah anak cucu dari orang-orang sebelum Ibrahim.

Lalu jika ditarik pohon keturunan (silsilah), bisa jadi juga urutan pohon kita lebih tinggi dari urutan pohon jika ditarik melalui garis keturunan Ibrahim.

Ah lupakan tentang pohon silsilah keturunan itu. Yang jadi fokus kali ini adalah kenapa bahasa-bahasa tersebut mirip satu sama lain?

Do you have any clue?

9 comments on “Kenapa mirip?

  1. kalo menurut pak damarjati supajar, mereka semua kan nenek dan kakek moyangnya kan dari jawa

    * homok soloensis ereksi terus *

  2. hm…….
    saya pernah mendiskusikan ini dengan kang gandung. beberapa kata dan penyebutan angka dalam bahasa Adonara mirip dengan bahasa Jawa.
    Sayang, diskusinya gak menemui hasil yang memuaskan.

    *lagi ngumpulin materi buat postingan tentang bahasa adonara*

  3. Ah lupakan tentang pohon silsilah keturunan itu.
    Kurang inisialisasinya Jeng… yah error jadinyah… huehehehehe….

  4. karena yang ngucapin mirip kali yak?
    dengan sedikit modifikasi lidah disana sini akibat iklim, mutasi ataupun makanan, akhirnya mbikin pelafalan sedikit mbleset…

    semacam distorsi impormasi gitu kali ya Hun?

  5. pembahasannya ada tuh di discovery chanel ……
    bahkan beberapa patung yang berada di beberapa kepulauan indonesia (baca sulawesi) bisa mirip lo dengan patung yang ada di hawai hingga di easter island …….

Leave a Reply