Cukup menarik juga mengikuti perkembangan kasus foto blog bushro di tulisan Ndorokakung tentang adanya obeng di sidebar blog tersebut. Umumnya tanda obeng itu muncul ketika seseorang dalam keadaan login ke halaman blog yang bersangkutan. Karena itu, Ndoro dalam tulisannya sempat bertanya-tanya bagaimana Detik bisa mendapatkan skrinsyut blog dengan gambar obeng tersebut.

Saya tidak berasumsi bahwa Ndoro beranggapan ada orang di dalam Detik yang melakukan hal tersebut, tetapi mungkin Ndoro beranggapan ada orang yang mengirimkan foto tersebut ke Detik (seperti misalnya pihak Al Qaeda mengirimkan video ke CNN). Dengan demikian akan bisa dilacak pemilik blog tersebut begitu mengetahui siapa pengirim foto skrinsyut itu ke Detik.

Tetapi komentar-komentar yang muncul malah berbelok, seolah Ndoro menuduh bahwa pihak Detik yang membuat foto (dan atau blog tersebut). Aduh, blogger itu memang terlalu banyak jenisnya, ada yang hobi mikir lalu nulis, tapi ada juga yang cuma hobi nulis.

Kemudian saya iseng bikin skrinsyut dari 4 browser yang berbeda, di atas OS Windows XP. Kesemuanya dalam keadaan tidak login ke Blogspot maupun Google account yang lain.

Kecuali di IE, semua muncul gambar obeng tetapi top bar yang di atas tidak bisa tampil dengan sempurna. Hanya di IE yang top bar-nya bisa tampil sempurna, tanpa obeng.

Opera Chrome

Firefox IE

Eh, tapi kok saya malah kepikiran bahwa screenshot tersebut mungkin dibuat oleh seseorang yang tidak tahu caranya membuat screenshot di komputer ya?

26 comments on “Gara-Gara Obeng

  1. analisismu menarik, ndal. tapi kenapa di chrome dengan os windows xp dan ff dengan ubuntu tanda obeng itu tetap ndak mau keluar ya?

  2. oh ya, aku tadi sempat nyoba pake opera dan safari di atas xp juga tetap ndak muncul gambar obeng. doh, mumet aku!

  3. Btw, itu cache, cookies browsernya udah clear-kan belum? Mungkin tu pernah login ke Google Account tapi blm di logout.
    Kaya’ di yahoomail meski udah logout, tapi kalau mau login lagi kan muncul usernamenya trus tinggal ngetikkan password. Beda kasus mungkin klo kliknya Sign Out Completely.

  4. Sama ma ndoro kakung. Obengnya di saya juga tidak muncul. (windows xp)

  5. gambar di berita malah bukan skrinsyut mas hihiihih malah di poto…
    di IE jadul ama di Firefox 3 emang keluar obengnya
    justru pertanyaan saya, dari mana mereka nemu blog itu
    Google? Pke keyword apa? dengan satu postingan apa dalam 3 hari sudah terindex?
    haha ndak tau juga si…orang cuman sekedar penasaran

  6. aku login blogspotku, juga obengnya ndak muncul. Gara-gara obeng, aku jadi dapat tambahan ilmu utak-atik internet sedikit. meskipun zona ndak mudheng lebih gede. he he he…

  7. paragraf terakhir dr jeng yeyen malah lebih menarik

    Eh, tapi kok saya malah kepikiran bahwa screenshot tersebut mungkin dibuat oleh seseorang yang tidak tahu caranya membuat screenshot di komputer ya?

  8. analisis yang bagus, tapi saya sampai sekarang kok belum bisa membuktikannya ya..
    Tiap saya buka, login maupun tidak login ke google, gambarnya tetap ndak muncul

  9. di fx gentoo, cache clean, login-non login..ngga keliatan obengnya..ditaruh dimana obengnya..siapa yang minjem tadi..? 🙂

  10. Obengnya ketinggalan di Temanggung mas..
    coba kontak yang disana suruh paketin kilat aja..
    biar secepatnya dpasang di blogspot..

    *mlayuuu*

  11. dicoba-dicoba-dicoba pake IE & FF blom ketemu juga obengnya, apa saya yang ndak bisa bikin skrinsut yaa…

Leave a Reply