sandalian.com


Panduan Pengamatan Gerhana Matahari Total

08 March 2016 05:57:40 WIB, under category Sejarah Keren

Udah pada tahu kan kalau besok bakal ada gerhana matahari total? Gerhana matahari total ini adalah peristiwa yang cukup langka karena terakhir terjadi di Indonesia pada tahun 1983, 33 tahun yang lalu!

stockvault-eclipse-patterns135749
Sumber foto: Stockvault

Nah, agar tidak ketinggalan fenomena langka ini, silahkan menyimak panduan pengamatan gerhana matahari total yang akan saya tulis sesingkat mungkin.

Bangun Pagi

Gerhana akan mulai pukul 06:20 hingga 7:30 WIB, karena itu  wajib hukumnya untuk bangun lebih pagi. Jangan lupa mencari tempat strategis untuk pengamatan gerhana, bisa di jembatan, atap rumah, atau memanjat pohon (jika bisa).

Kacamata Gerhana

Kacamata gerhana ini wajib hukumnya agar mata kita tidak rusak karena terpapar sinar matahari yang berlebihan. Jika tidak punya, Anda bisa membuat kamera lubang jarum atau alat pengamat gerhana sederhana lainnya.

Jika tidak ada, segeralah lari ke bengkel las terdekat untuk meminjam kacamata las. Gerhana berlangsung pada pagi hari, kemungkinan besar bengkel lasnya belum buka, belum dipakai kerja. Jangan lupa untuk bilang terima kasih setelahnya.

Koneksi Internet

Ini adalah langkah terakhir jika Anda gagal melihat gerhana. Entah karena mendung, tidak dilewati gerhana, atau tidak berani melihat matahari karena takut kulit Anda gosong.

Koneksi internet buat apa? Tentu saja untuk melihat streaming siaran langung gerhana matahari total yang dilakukan oleh LAPAN dan beberapa instansi terkait lainnya.

Katakan Pada Dunia

Terakhir, jangan lupa untuk bragging di Twitter atau media sosial lainnya bahwa Anda telah menyaksikan gerhana matahari total di tahun 2016 ini.


3 Comments so far..

  1. Q-thrynx
    08 March 2016, 14:14:22 WIB

    kalo kacamata minus diolesi sunblock aman gak buat nonton gerhana matahari?

    =))

  2. Yeni Setiawan
    08 March 2016, 14:32:10 WIB

    Boleh Mas, boleeeeeeh =)) =))

  3. Anton
    14 March 2016, 10:09:52 WIB

    terimakasih infonya ya mas , sangat bermanfaat .
    Salam

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>