Chipset Sebagai Jantung Sebuah Smartphone

March 4, 2015 | Reviews

Smartphone di masa kini memiliki fitur dan fungsi yang jauh lebih banyak daripada sebuah personal komputer.
dismembered phone

Tak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, sebuah smartphone kini juga berfungsi sebagai kamera digital, pemutar audio/video, konsol game, GPS, dan juga sebagai asisten pribadi. Dan yang tak kalah penting adalah fungsi smartphone sebagai perangkat untuk mengakses internet baik menggunakan jaringan Wi-Fi maupun jaringan seluler 3G/4G.

Dengan segudang tugas seperti itu, chipset atau prosesor menjadi bagian terpenting dari suatu smartphone agar bisa berfungsi dengan maksimal dan memberikan kepuasan bagi penggunanya. Demikian halnya dengan smartphone terbaru dari Oppo, Oppo N3.


Snapdragon 800 seriesSmartphone ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 801 yang membuat Oppo N3 bisa digunakan untuk berselancar dengan cepat di jaringan LTE/4G, mengambil gambar dengan kualitas tinggi dalam kondisi cahaya yang kurang, memutar video 4K, dan menghasilkan suara sekelas bioskop di dalam genggaman pengguna saat memutar musik/video.

Dengan kemampuan CPU/GPU yang mumpuni, chipset Snapdragon juga membuat Oppo N3 bisa berfungsi sebagai konsol game yang handal dengan grafis dan audio yang memukau.

game-play-background_2

Dengan seabrek kemampuan yang dimiliki oleh chipset Snapdragon, hal yang paling menarik adalah kemampuan chipset tersebut untuk mengelola sumber daya sehingga lebih hemat baterai. Suatu hal yang kadang diabaikan oleh pembuat chipset untuk smartphone.

Dengan pengalaman Qualcomm selama 29 tahun berkecimpung di perangkat mobile dan nirkabel, tak heran jika sebagian besar produsen smartphone saat ini memilih chipset besutan Qualcomm sebagai jantung andalan produk mereka. Apalagi mengingat reputasi Snapdragon sebagai prosesor pertama di smartphone yang mencapai kecepatan 1 Ghz.

6 comments

This post has 6 comments, wow!

  1. matriphe! 04/03/2015 at 18:23

    Mengenal Prosesor Qualcomm Snapdragon

    Dalam membeli ponsel, konsumen biasanya hanya melihat dari merek, spesifikasi, dan harga. Di pasar, pilihan ponsel begitu beragam, dan bila melihat dari spesifikasi dan harga, bisa membuat bingung dan galau. Menurut saya, komponen yang digunakan ponsel…

  2. Q-thrynx 05/03/2015 at 09:00

    oh jadi chipset itu jantungnya smartphone ya? Kirain itu otaknya… 😀

  3. sandalian 05/03/2015 at 12:05

    @Q-Thrynx: Menurutku lebih cocok sebagai jantung Mas, karena menggerakkan seluruh bagian dari smartphone. Bukan cuma sebagai pemikir saja 😀

  4. Iklan Atau Lomba? | jawakowek's blog 09/03/2015 at 09:13

    […] Chipset Sebagai Jantung Sebuah Smartphone […]

  5. detnot 16/03/2015 at 18:45

    Yg saya bingung, naruh kipas pendinginya dimana ya?

  6. jarwadi 17/03/2015 at 20:39

    processor smartphone saat ini ada qualcomm, mtk, intel, nvidia, samsung exynos, ada apalagi?

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>