Perbedaan Opera, Opera Mini, dan Opera Max di Android

November 12, 2015 | Opera | , , , , , ,

Saya mendapatkan request untuk menulis tentang perbedaan browser Opera, Opera Mini, dan Opera Max dari Mas Arief, kakak kelas saya jaman SMA dulu. Selain dari Mas Arief, sebelumnya saya sering mendapat pertanyaan yang sama juga dari teman-teman yang lain.

opera for android vs opera mini vs opera max in playstore

Berikut ini penjelasan sesingkat mungkin mengenai perbedaan browser Opera, Opera Mini, dan Opera Max. Semoga mudah untuk dipahami.

Opera for Android

Opera for Android adalah browser Opera yang dibuat untuk platform Android, berfungsi sebagaimana browser-browser yang lain di Android. Halaman website yang kita akses akan ditampilkan dan diproses apa adanya oleh browser Opera yang terpasang di smartphone yang kita gunakan.

Browser Opera ini secara default tidak melakukan kompresi data. Tetapi kita bisa memanfaatkan fitur Opera Turbo agar halaman website yang kita akses dikompres/dimampatkan terlebih dahulu di server milik Opera sebelum ditampilkan di smartphone.

Dengan adanya fitur kompresi data tersebut, ukuran halaman website yang kita buka menjadi lebih kecil sehingga lebih cepat dibuka tanpa menghilangkan kualitas gambar maupun tampilan website tersebut.

Opera Mini

Opera Mini adalah browser “khusus” yang cara kerjanya sedikit berbeda dengan browser-browser yang lain. Halaman website yang kita buka di Opera Mini akan selalu dikompres terlebih dahulu di server Opera Mini agar ukurannya menjadi kecil dan bisa tampil dengan baik di semua jenis ponsel yang bisa menjalankan Opera Mini.

Data website dalam bentuk HTML akan diubah oleh server Opera Mini menjadi OPML agar bisa ditampilkan dengan baik di browser Opera Mini pada segala jenis ponsel.

Dengan cara ini, suatu website akan selalu memiliki tampilan yang sama baik saat diakses menggunakan smartphone maupun featured phone. Keren kan?

Opera Max

Opera Max adalah aplikasi yang melakukan kompresi data untuk hampir seluruh aplikasi yang terinstal di smartphone. Dengan menginstal Opera Max di smartphone, jumlah paket data yang kita gunakan akan jauh lebih hemat karena adanya fitur kompresi data tersebut.

Meski demikian, Opera Max tidak melakukan kompresi pada pket data yang melewati jalur aman maupun data yang terenkripsi (HTTPS/SSL).

Silahkan menyimak halaman FAQ ini untuk mengetahui lebbih jauh mengenai kompresi data yang dilakukan oleh Opera Max.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan ketiga software besutan Opera tersebut. Jika ada pertanyaan, silahkan menuliskannya di form komentar di bawah ini.

 

2 comments

This post has 2 comments, great!

  1. Q-thrynx 13/11/2015 at 15:22

    huwaduh… koq dimensyen sih. kan jadi malu…. 🙂

  2. Santri Drajat 10/03/2016 at 20:43

    Opera Mini browser andalan saya mas…
    simpel gak lemot cocok untuk hp-hp android low end 😀

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>