Tiga Versi Browser Opera Untuk Komputer

November 11, 2014 | Browsers, Komputer, Opera, Technical Stuffs, Technologies

Kurang lebih sejak bulan Agustus 2013, Opera Software memiliki tiga versi browser Opera untuk komputer yang bisa dicoba oleh seluruh pengguna Opera di seluruh dunia. Ketiga versi tersebut adalah Stable, Beta, dan Developer stream.

Screenshot Opera untuk Windows

Apa saja perbedaan dari ketiga rilis browser Opera untuk komputer tersebut? Berikut ini penjelasan singkatnya, semoga mudah dipahami.

Opera Stable

Opera StableAtau biasa disebut sebagai browser Opera, adalah rilis akhir paling stabil yang saat ini sudah mencapai versi 25. Dibuat menggunakan engine Blink dengan fitur-fitur andalan seperti Discover, Visual Bookmark, Speed Dials, Opera Turbo, dan lain-lain.

Versi stable ini yang paling disarankan untuk pengguna komputer secara umum karena telah teruji dan paling stabil di antara tiga versi lainnya.

 

Opera Beta

Opera BetaOpera Beta yang dulunya bernama Opera Next ini bisa disebut sebagai versi ujicoba dari browser Opera versi selanjutnya. Fitur-fitur di dalamnya hampir pasti akan keluar di versi selanjutnya, tetapi masih mungkin ada bug yang akan segera dibenahi oleh pihak Opera Software.

Karena masih bersifat ujicoba, tidak begitu dianjurkan untuk pengguna komputer secara umum. Tetapi dari pengalaman saya selama menggunakan Opera Beta bersamaan dengan Opera Stable, belum pernah mengalami masalah yang berarti.

 

Opera Developer

Opera DeveloperOpera Developer adalah versi “bleeding edge” atau percontohan, dalam dunia pengembangan software biasa disebut sebagai alpha. Mengandung fitur-fitur terbaru yang sedang dikembangkan oleh Opera Software namun fitur-fitur tersebut belum tentu akan masuk ke versi Beta atau Stable dalam waktu dekat.

Versi Developer ini ditujukan untuk web developer dan juga orang-orang yang antusias dengan teknologi web terbaru. Versi Developer ini biasanya akan mengalami pembaruan dua kali dalam seminggu.

 —

Setelah mengetahui perbedaan ketiganya, gunakanlah rilis browser sesuai dengan tujuan pemakaian Anda sehari-hari. Namun tak ada salahnya jika Anda menginstal ketiga versi tersebut sekaligus karena tiap instalasi Opera untuk komputer tersebut menyimpan profile yang berbeda-beda sehingga tidak akan mengalami konflik.

Catatan:
Jika Anda bertanya kenapa saya sering menuliskan “Opera untuk komputer”, hal ini merujuk ke browser untuk desktop yang oleh Opera dinamakan sebagai “Opera for computer” karena Opera Software juga membuat browser untuk ponsel, tablet, dan juga smart TV.

3 comments

This post has 3 comments, great!

  1. mr jahe 26/01/2015 at 09:35

    Kapan rilis Opera buat Linux yang versi 32 bit? Ada gosipnya ga mas?

  2. Yeni Setiawan 26/01/2015 at 16:20

    Belum ada bocoran info Mas, kalau ditanyain jawabnya “akan kami beritahukan kalau sudah jadi” 😀

    Untuk Linux 32 sementara harus puas dengan Opera 12.X >_<

  3. Galang Adhi Wirasto 01/05/2016 at 14:38

    biasa pakek yang stable sih 😀 tapi yang developer juga pakek untuk mencoba fitur baru yang akan dihadirkan.

 

Leave a comment

Allowed tags are: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>