Yeni Setiawan


Melihat ISS dengan mata telanjang

13 October 2013 11:53:21 WIB, under category Daily

Bagi yang sudah melihat film baru berjudul Gravity, tentu akan tahu nama ISS atau International Space Station alias Stasiun Angkasa Internasional. ISS adalah wahana antariksa ke sembilan yang diluncurkan untuk mengitari bumi pada orbitnya sendiri, untuk keperluan riset.

Jangan terbalik dengan IIS ya, kalau IIS itu nama web server bikinan Microsoft, bukan penyanyi dangdut.

International Space Station

Tahukah Anda kalau ISS ini bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi, tanpa bantuan alat apapun? Yup, kita bisa melihat ISS ini saat langit sudah gelap dengan sangat mudah.

Sepintas penampakan ISS mirip dengan pesawat terbang pada malam hari. Yang membedakan adalah tidak adanya lampu kedip-kedip dan juga terlihat lebih tinggi/jauh. Saya berencana untuk menggabungkan kamera dan teleskop mainan untuk mencoba mengambil foto ISS di malam hari.

Lalu bagaimana cara melihat penampakan ISS pada malam hari? Yang paling penting adalah kita harus tahu kapan ISS akan lewat di atas kota tempat tinggal kita. Tidak perlu berjaga semalaman hanya untuk menunggu ISS lewat di atas rumah karena ada teknologi yang memudahkan kita.

Jika memiliki perangkat Android, kita bisa menginstal aplikasi “ISS?” untuk mengetahui jadwal edar ISS di atas pekarangan rumah. Lalu saat waktu yang diberitahukan oleh aplikasi tersebut tiba, silahkan keluar rumah dan melihat ke langit pada arah yang telah ditentukan.

rute edar ISS

Pada saat screenshot di atas saya buat beberapa menit yang lalu, ISS sedang di atas benua Amerika. Selanjutnya tinggal pilih menu Visible Passes untuk mengetahui jadwal lewatnya ISS di atas langit kita dalam dua hari ke depan.

cek jadwal ISS lewat di atas atap kita

Yak, ternyata dalam 2 hari ke depan ISS nggak lewat langit Jogja. Tapi jangan sedih dulu, masih banyak satelit lain yang bisa dilihat dengan mata telanjang,  misalnya Iridium dan  Tiangong.

Mari melihat langit!


3 Comments so far..

  1. ngodod
    13 October 2013, 14:01:56 WIB

    pertamax….!

  2. penyu
    14 October 2013, 15:48:08 WIB

    nice info bung.. :D

  3. nengbiker
    22 October 2013, 10:44:15 WIB

    nama-nama satelit ini ada di film gravity ya..
    *jadi inget filmnya lagi*

RSS for comments TrackBack URL

Leave a comment or two

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>